Pyeongchang Resmi Buka Olimpiade Musim Dingin 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 21:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 43 1857359 pyeongchang-resmi-buka-olimpiade-musim-dingin-2018-AiQjugo6CR.jpg Pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 (Foto: AFP)

PYEONHCHANG – Olimpiade Musim Dingin akhirnya resmi dibuka di Stadion Olimpiade, Pyeongchang pada Jumat 9 Februari 2018 malam WIB. Acara ini pun menarik banyak perhatian. Pasalnya bukan hanya soal olahraga, tetapi berbagai sorotan menjadi perhatian publik pada acara pembukaan.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara dalam pembukaan tersebut. Acara dimulai dengan pertunjukkan kedua belah negara yang saling bersatu. Sebab kedua orang penting dari kedua pihak yaknio Presiden Korea Selatan yakni Moon Jae-in dan saudara perempuan dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, saling berjabat tangan.

Selain itu cuaca ekstrem yang begitu dingin membuat acara pembukaan terasa begitu membeku. Uniknya pihak penyelenggara pun memberikan selimut, ponco dan bantalan kursi gratis saat memasuki stadion. Namun begitu, acara pembukaan nyatanya membuat seluruh kota meraskan kehangatan karena begitu luar biasanya gelaran tersebut berlangsung.

Baca juga Erick Thohir: Panitia Siapkan Alternatif Transportasi Test Event Asian Games 2018

Acara dimulai dengan hitung mundur yang kemudian dilanjutkan dengan kemunculan lima anak beserta seekor macan putih yang tampak hidup berlari melintasi pegunungan Korea. Gambaran ini menunjukkan bahwa Olimpiade Musim Dingin merupakan mimpi bagi anak-anak Korea untuk merayakan perhelatan olahraga terbesar yang diwakili oleh sang macan putih sebagai maskot Olimpiade Musim Dingin 2018.

Kemudian acara terbagi ke dalam 14 bagian yang didalamnya terdapat parade atlet dan penyalaan api Olimpiade. Seperti halnya tradisi Olimpade, kedua bagian tersebut menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu. Parade atlet diikuti dari 91 negara.

Baca juga Perenang Siman Sudartawa Jalani Latihan di Luar Negeri Jelang Asian Games 2018

Menariknya lagi, Rusia tampil di Olimpiade kali ini tidak menggunakan bendera sendiri dan tidak akan ada atlet yang membawa bendera negara tersebut. Hal ini terjadi akibat Rusia yang masih di bawah hukuman Komite Olimpiade Internasional (IOC) karena persoalan dopping. Atlet Rusia pun tampil di bawah bendera Olimpiade.

Kemeriahan pembukaan pun begitu terasa megah dengan pertunjukkan koreografer dan cahaya lampu yang apik. Bahkan beberapa media menyebutkan, pembukaan di Pyeongchang 2018 termasuk salah satu yang terbaik dalam penyelenggaraan pembukaan Olimpiade.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini