Demi Tampil Maksimal Musim Depan, Federer Indikasikan Absen di Prancis Open 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 03:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 13 40 1829973 demi-tampil-maksimal-musim-depan-federer-indikasikan-absen-di-prancis-open-2018-KSlLXcqRqy.jpg Roger Federer (AFP)

BASEL – Setiap atlet tentunya memiliki strategi tersendiri demi bisa merebut gelar juara. Misalnya saja yang terjadi pada dua petenis dunia, Rafael Nadal dan Roger Federer, yang di  musim lalu sempat absen di kejuaraan bergengsi bertajuk ATP Finals.

Dua petenis tersebut pasalnya saat itu tengah berfokus pada pemugaran diri usai mengalami cedera yang cuku panjang. Namun, absennya mereka di ATP Finals 2016 terbayarkan tuntas di musim ini, di mana masing-masing menggondol dua trofi kejuaraan grand slam.

(Baca juga: Rosberg Sebut Federer Telah Menangkan Titel Paling Bergengsi di Dunia Olahraga)

Mengingat usia yang tak lagi muda, Federer pun ternyata harus benar-benar menjaga fisiknya agar bisa tetap prima tampil dalam kejuaraan yang dilakoninya. Petenis berkebangsaan Swiss itu pun menjelaskan bahwa alasan lainnya ia bisa memenangkan Australia Open dan Wimbledon 2017 adalah karena absen dalam perhelatan Prancis Open.

Ketatnya jadwal kompetisi dan tingkat persaingan yang tinggi, tentunya sangat menguras kondisi fisik Federer yang kini sudah berusia 36 tahun. Maka dari itu, Federer pun realistis untuk tidak mengikuti semua kejuaraan berlevel grand slam, yang notabenenya memiliki tingkat persaingan ketat.

Menilik pada kesuksesannya di musim ini, peraih gelar juara grand slam 19 kali itu pun mengindikasikan akan menerapkan strategi yang sama musim depan, yakni dengan absen di Prancis Open 2018. Selain untuk menjaga kebugaran tubuhnya, Prancis Open dapat dikatakan merupakan kejuaraan yang tak bersahabat bagi Federer.

Dari 19 gelar grand slam yang diraih Federer sejauh ini, tercatat mantan petenis nomor satu dunia itu baru memenangkan Prancis Open sebanyak satu kali, yakni di tahun 2009. Sedangkan dari Wimbledon, Federer meraih delapan trofi dan masing-masing lima trofi dari AS Open dan Australia Open.

“Australia Open, Wimbledon, dan AS Open adalah pilar, segala sesuatu yang ada di sana, saya akan mencoba mengambilnya. Saya hanya akan melangkah ke lapangan jika dalam kondisi 100% bugar,” ucap Federer, menukil dari Express, Kamis (14/12/2017).

“Saya saat ini berniat untuk terus bermain dalam waktu yang cukup lama, berharapnya untuk beberapa tahun lagi. Saya ragu, ini akan menjadi 10 tahun lagi,” tuntas Federer.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini