GM Catur Utut Adiyanto dan Susanto Megaranto Jaring Bibit Catur

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2016 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 43 1449650 gm-catur-utut-adiyanto-dan-susanto-megaranto-jaring-bibit-catur-FYrNrX6zgY.jpg Susanto Megaranto saat membimbing pecatur muda. (Kuntadi/KORAN Sindo)

KULONPROGO – Sebanyak 1.300 pelajar SD di seluruh Kecamatan Pengasih menghadiri kampanye gizi Japfa4Kids, di halaman SD Sendangsari, Pengasih Kamis 28 Juli 2016. Dua grandmaster (GM) Catur Indonesia, Utut Adiyanto dan Susanto Megaranto ikut hadir dalam menjaring bibit pecatur muda.

“Dulu saya juga anak desa, tetapi sekarang saya sudah main di internasional,” jelas GM Utut Ardianto kepada anak-anak SD.

Sebelumnya, Utut melawan Jumaryanto salah satu atlet catur andalan Kulonprogo melalui pertandingan catur buta. Utut tidak melihat papan catur, namun membelakanginya. Sedangkan bidak catur digerakkan oleh GM Susanto Megaranto sesuai perintah kedua pecatur. Dengan strategi dan kemampuan bermain catur, dia mampu menekan lawan yang akhirnya menyerah.

“Butuh strategi dan fokus, dengan tetap mengkonsumsi makanan bergizi,” jelas Utut yang juga menjadi ketua JAPFA Chess Club Kamis 28 Juli 2016.

GM Utut Adianto, merupakan peraih GM termuda di Indonesia. JAPFA Chess Club secara teratur mengadakan pertandingan-pertandingan tingkat internasional untuk membuka peluang bagi para pecatur muda di Indonesia dan mendukung mereka dalam pertandingan ke luar negeri.

Salah satu pecatur yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan dukungan dari JAPFA adalah GM Susanto Megaranto. Dalam usia yang muda juga dia berhasil untuk mengejar predikat yang diraih GM Utut dahulu yaitu peraih GM termuda.

Susanto Megaranto juga melatih anak-anak dengan menggelar catur simultan melawan 20 anak. Ini menjadi salah satu upaya memotivasi anak agar gemar bermain catur. Permainan ini murah dan mudah dimainkan dimanapun.

“Meski bukan olahraga popular, catur ini berkembang. Kami akan teus mencari bibit-bibit muda,” tutur Artsanti Alif, VP Head of Public Relations PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Kegiatan ini, kata dia diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada anak-anak Kulonprogo untuk mengasah kemampuan mereka dan ikut untuk memajukan percaturan Indonesia. Dengan pendampingan dan terbukanya kesempatan, JAPFA ingin menginspirasi mereka untuk terus memperjuangkan cita-cita dan keinginan mereka untuk maju.

Sejak 2008, Kampanye Gizi JAPFA4Kids bertema Anak Indonesia Sehat dan Peduli Gizi dilaksanakan. Melalui Pelatihan Dokter Kecil, Lomba Koki Kecil, Pelatihan Tata Kelola Sekolah, dan Pemeriksaan kesehatan gratis, JAPFA terus mengampanyekan hidup bersih dan sehat kepada generasi penerus Indonesia. Sebagai perusahaan agribisnis,JAPFA akan terus mendukung generasi penerus Indonesia, sesuai dengan visi perusahaan.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini