Delapan Atlet yang Kemudian Jadi Pembunuh

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 12 November 2014 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 12 43 1064517 delapan-atlet-yang-kemudian-jadi-pembunuh-s3LptGnMmf.jpg Oscar Leonard Carl Pistorius divonis lima tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas pembunuhan kekasihnya (Foto: Siphiwe Sibeko/REUTERS)

JOHANNESBURG – Kasus pembunuhan yang melibatkan nama Oscar Pistorius seolah membuka bab baru dalam beragam skandal olahraga. Walau headline-nya memancing sorotan terbesar, namun Pistorius bukanlah yang pertama.

Pistorius divonis lima tahun penjara beberapa waktu lalu, setelah atlet Paralimpiade itu dianggap bersalah membunuh kekasihnya, Reeva Steenkamp pada Hari Valentine, 14 Februari 2013 lalu

Tapi selain Pistorius, setidaknya ada tujuh olahragawan lain, baik yang sengaja maupun tak sengaja didakwa melakukan pembunuhan. Berikut pelaku delapan atlet terkenal yang kemudian terlibat pembunuhan, sebagaimana dirangkum oleh Eurosport, Rabu (12/11/2014):

Edmundo Alves (Pesepakbola Brasil)

Mantan bintang Seleção ini dikenal dengan gaya hidup eksentrik dan kontroversial di luar lapangan. Edmundo sempat divonis empat tahun setengah, tapi meski dibui tetap diizinkan bermain. Edmundo dianggap bersalah membunuh tiga penumpang lain di mobilnya secara tak sengaja, saat menyetir dalam keadaan mabuk miras.

Gavin Grant (Pesepakbola Inggris – Bradford City)

Pembunuh lain dari lapangan hijau adalah Gavin Grant. Mantan winger Bradford City ini terbukti bersalah menembak mati korban bernama Leon Labastide pada 2004 lalu dan baru divonis penjara seumur hidup, pada 2010 lalu.

Luke McCormick (Pesepakbola Inggris – Plymouth Argyle)

Kiper kelahiran Coventry ini divonis masuk hotel prodeo selama tujuh tahun dan empat bulan, untuk dakwaan pembunuhan secara tak sengaja terhadap dua anak kecil. McCormick dalam pengaruh alkohol berlebihan saat menabrak dua anak kecil dengan mobilnya, pada 2008 lalu.

Lee Hughes (Pesepakbola Inggris – West Bromwich Albion)

Lagi-lagi kecelakaan mobil seorang pesepakbola menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Namun berbeda dari dua pelaku di atas, Lee Hughes tak sedang mabuk, saat kehilangan kendali atas mobil Mercedes CL55 AMG miliknya, hingga menimbulkan satu korban jiwa (Douglas Graham) dan dua lainnya terluka. Hughes dihukum penjara enam tahun pada 2004 silam.

Bruce Kimball (Peloncat Indah Amerika Serikat)

Atlet loncat indah yang punya julukan “Comeback Kid” ini memang selamat saat kecelakaan mobil akibat mabuk pada 1988 lalu. Tapi peraih medali perak Olimpiade 1984 ini menyebabkan meninggalnya dua anak kecil hingga dijebloskan selama 17 tahun di dalam jeruji besi.

Terry Underwood (Pemain NFL Amerika Serikat)

Underwood sempat punya karier menjanjikan sampai akhirnya terjadi pembunuhan terhadap istrinya yang tengah hamil, pada 1998 lalu. Theresa, sang istri, ditemukan tak bernyawa dengan 88 luka tusukan. Pengadilan memutuskan Underwood ditahan selama 60 tahun.

Warrington Phillip (Pemain Kriket St. Kitts & Nevis)

Kariernya bergelimang gelar dan termasuk salah satu maestro olahraga kriket. Akan tetapi Phillip divonis penjara seumur hidup, saat pengadilan menyatakannya bersalah terhadap pembunuhan sadis istrinya. Phillip didakwa menggorok sang istri di jok belakang mobil pada 2006 silam.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini