PON Riau Berlalu, PON Remaja 2013 Menanti

Panji Qadhafi, Jurnalis · Senin 24 September 2012 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 24 43 694149

BANDUNG- Kerja sama pembinaan atlet antara KONI Jawa Barat dengan Komite Olahraga Provinsi Gyeongsangbuk-do Korea Selatan diperpanjang hingga pelaksanaan PON Remaja 2013 di Surabaya.

Ketua Umum KONI Jabar, Azis Syarif mengakui kerjasama yang dilakukan dengan Korea Selatan sudah cukup bagus. Buktinya beberapa cabor yang awalnya tidak diprediksi meraih emas, dalam PON sekarang mampu menyumbangkan emas.

 

"Kerjasama dengan Korsel dalam bidang olahraga, seperti melatih hingga sentralisasi atlet Jabar di Korsel hasilnya sudah bagus. Bahkan cabor yang awalnya hanya mempu meraih perunggu, kini bisa meraih emas. Contohnya cabor menembak yang mampu meraih 2 emas," katanya.

 

Menurut Azis, sejatinya pembinaan atlet memang tidak cukup hanya dengan dua tahun. Oleh sebab itu, untuk kesiapan PON mendatang di mana Jabar akan menjadi tuan rumah, pembinaaan untuk para atlet akan mulai dilakukan dari sekarang.

 

"Makanya kerjasama dengan Korsel juga perlu dilakukan, apalagi Korsel juga di dunia olahraga cukup berprestasi termasuk di olimpiade. Dengan penambahan masa kerjasama tersebut, tentu pembinaan atlet yang disiapkan untuk PON mendatang bisa dilakukan dari sekarang," katanya.

 

Mengenai pelatihan atau sentralisasi yang dilakukan langsung di Korsel, Azis menilai hal itu tidak perlu dilakukan terburu-buru. Pasalnya, KONI Jabar akan terlebih dahulu fokus menyiapkan atlet untuk PON Remaja di tahun 2013 mendatang.

 

"Tidak perlu dari sekarang, kita akan fokus dulu siapkan PON remaja yang akan berlangsung di tahun 2013," katanya.

 

"Kerja sama dengan Komite Olahraga Gyeongsangbukdo Korea Selatan dilanjutkan, selama ini terjalin dengan baik dan efektif. Rencananya kerja sama ini fokus untuk persiapan PON Remaja 2013 di Surabaya," ujarnya.

 

Penandatanganan kerja sama pembinaan atlet Jabar untuk PON Remaja 2013 itu ditandatangani di Posko Kontingen PON XVIII/2013 Jabar oleh Ketua Umum KONI Jawa Barat dengan Komisaris Komite Olahraga Gyeongsangbuk-do Korea, Choi Am pada saat PON XVIII lalu.

 

Penandatanganan juga dihadiri oleh jajaran Komisaris dan pengurus Komite Olahraga Gyeongsangbuk--do yang datang langsung ke Pekanbaru untuk mendukung Kontingen Jabar berjuang di ajang PON XVIII, terutama untuk 10 cabang olahraga yang ditangani pelatih Korsel.

Sementara itu Komisaris Komite Gyeongsangbuk-do, Choi Am menyatakan komitmennya untuk kembali membina atlet Jabar untuk persiapan PON Remaja 2013.

 

"Kami senang menjadi mitra KONI Jawa Barat yang memiliki kesamaan komitmen untuk meningkatkan prestasi atlet, dan kerjasama ini akan berlanjut," kata Choi Am melalui penerjemah Mrs Yang.

 

Choi menyebutkan, dalam kerjasama itu akan disiapkan skema pembinaan dan pelatihan atlet muda Jawa Barat, khususnya yang disiapkan ke PON Remaja 2013. Pihaknya siap memfasilitasi, termasuk salah satunya pelatih seperti yang dilakukan pada PON XVIII/2012 beberapa waktu lalu.

 

Pada persiapan PON kemarin, Jabar mengirimkan 107 atlet berlatih selama tiga bulan di Korea Selatan dan berkesempatan beruji tanding melawan atlet-atlet terbaik di provinsi itu, termasuk beruji tanding melawan atlet dari sejumlah negara yang saat itu sedang mempersiapkan untuk Olimpiade 2012.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini