Telat 3 Bulan, Akhirnya Atlet PON Sulsel Terima Bonus

Andi Aisyah, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2012 06:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 19 43 734131

MAKASSAR – Sebanyak 126 atlet peraih medali pada PON XVIII dan PEPARNAS XIV Riau menerima bonus dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. Total bonus yang dibagikan sebesar Rp 3,752 miliar.

 

"Jumlah dana tali asih yang diberikan memang tak seberapa. Tapi, Saya berharap ini bisa jadi tabungan bagi para atlet berprestasi kita. Semoga penggunaannya tidak konsumtif tapi lebih diarahkan untuk investasi jangka panjang, agar kehidupan mereka lebih baik lagi di masa datang," ujar Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo usai memberikan bonus dalak bingkai tali asih kepada para atlet di Baruga Sangiaseri Rujab Gubernur Sulsel Makassar, Selasa malam (18/12/2012).

 

Para atlet peraih medali mendapatkan bonus berbeda. Bagi peraih medali emas mendapatkan Rp 85juta, medali perak Rp 30 juta dan medali perunggu Rp 20 juta.

 

Sementara itu, para peraih medali Peparnas (Pekan Paralimpic Nasional) mendapatkan jumlah yang berbeda. Data KONI Sulsel menyebutkan peraih medali emas mendapatkan Rp 20 juta, medali perak Rp 12,5juta dan perunggu Rp 7,5 juta.

 

Syahrul menyatakan permintaan maaf karena keterlambatan pemberian bonus kepada para atlet berprestasi Sulsel itu. Pasalnya, anggaran yang digunakan baru disetujui pada APBD Perubahan yang baru selesai diketok palu di DPRD Sulsel.

 

"PON kali ini sangat sulit bagi kami. Pemprop harus menunggu pengesahan anggaran terlebih dahulu demi mengikuti aturan yang ada. Kami meminta maaf keterlambatan tiga bulan, Saya yakin para atlet bisa memahami situasi ini," urai Syahrul.

 

Pada PON Riau 2012, Sulsel hanya berada para peringkat ketujuh dengan raihan 19 medali emas, 17 perak dan 21 perunggu. Sedangkan di PEPARNAS Riau Sulsel meraih satu emas, enam perak dan 12 perunggu.

 

Pada PON 2008, atlet peraih medali emas asal Sulsel mendapatkan bonus rumah. Namun di PON tahun ini, bunus rumah ditiadakan. Menurut Syahrul, itu atas aspirasi para atlet sendiri. "Banyak yang meminta cash agar bisa dimanfaatkan. Yah, kami tampung aspirasi itu, "pungkasnya.

 

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini