Selain Performa Iannone, Ini Masalah Terbesar Tim Suzuki di MotoGP 2017

Andrea Iannone (Foto: AFP)

Andrea Iannone (Foto: AFP)

HAMAMATSU – Kiprah Andrea Iannone di musim perdananya sebagai pembalap Tim Suzuki Ecstar pada MotoGP 2017 memang belum menunjukkan performa menjanjikan. Bagaimana tidak dari sembilan balapan yang sudah berlalu, Iannone belum sekalipun meraih podium.

Bahkan alih-alih mampu menunjukkan performa yang kompetitif, Iannone justru terlihat kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan motor Tim Suzuki, yakni GSX-RR. Hal tersebut terbukti dengan tiga kali pembalap berjuluk Maniac Joe tersebut gagal menyelesaikan balapan.

Selain lambannya proses adaptasi Iannone, sebenarnya terdapat satu lagi kendala yang harus dihadapi Tim Suzuki di MotoGP 2017. Adalah ketidakcocokan motor Tim Suzuki dengan ban baru yang diberikan oleh Michelin.

Mengetahui kondisi tersebut membuat manajer Tim Suzuki, Davide Brivio, memberikan komentarnya bebebarapa waktu lalu. Ia mengakui bahwa salah satu kendala yang dihadapi oleh Tim Suzuki musim ini adalah kurangnya grip pada ban belakang motornya.

“Masalah terbesar kami adalah kurangnya grip ban belakang. Kami harus beradaptasi dengan ban, karena itu kami memperbaiki sasis dan elektronik,” jelas Brivio, seperti dilaporkan oleh Autosport, Senin (17/7/2017).

“Saya merasa bahwa mesin pada motor kami tidak begitu buruk, tetap kompetitif. Itulah alasan mengapa hingga saat ini kami fokus pada ban, grip dan elektronik,” tuntas pria berkebangsaan Italia tersebut.

(mrh)