Share

Mengenal Ongen Saknosiwi Juara Tinju Dunia Asal Maluku yang Merupakan Prajurit TNI AU

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 43 2723850 mengenal-ongen-saknosiwi-juara-tinju-dunia-asal-maluku-yang-merupakan-prajurit-tni-au-1cTHOXSdcN.jpg Aksi Ongen Saknosiwi di atas ring tinju (Foto: Instagram/ongen_saknosiwi)

MENGENAL Ongen Saknosiwi juara tinju dunia asal Maluku yang merupakan prajurit TNI AU. Tinju menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup diminati di Indonesia dan dunia.

Sejumlah petinju asli Indonesia bahkan berhasil mengharumkan Tanah Air dikancah internasional. Sebut saja Chris John dan Daud Yordan. Selain itu juga ada nama Ongen Saknosiwi yang merupakan prajurit TNI AU.

Ongen Saknosiwi

Mari mengenal Ongen Saknosiwi juara tinju dunia asal Maluku yang merupakan prajurit TNI AU.

Mengenal Ongen Saknosiwi Juara Tinju Dunia Asal Maluku yang Merupakan Prajurit TNI AU

Ongen Saknosiwi merupakan seorang petinju yang lahir di Kota Ambon, Maluku, pada 15 Juli 1994. Kariernya di dunia tinju rupanya harus melalui jalan yang berliku.

Ongen pertama kali berkenalan dengan dunia tinju sejak SD karena sering menonton tinju bersama sang ayah. Lalu saat usianya menginjak 17 tahun ia bergabung dengan salah satu sasana tinju yang lokasinya tak jauh dari rumah.

 BACA JUGA:Jefri Nichol Siap Adu Jotos dengan Rizky Billar di Ring Tinju

Pada 2011, Ongen memutuskan untuk merantau ke Tangerang demi mengejar mimpinya untuk menjadi seorang petinju profesional. Di sana Ongen bergabung dengan sasana tinju milik mendinag Wiem Sapulette dan juga tergabung bersama pelatnas tinju junior untuk kejuaraan dunia tahun 2012 di Armenia.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun di kesempatan tersebut Ongen mengalami cedera karena latihan yang terlalu keras sehingga harus mundur dari daftar pemain.

 Ongen Saknosiwi

Merasa jika tinju tidak bisa dijadikan jaminan untuk kehidupannya di masa depan, Ongen akhirnya memutuskan untuk mendaftar sebagai prajurit TNI AU pada 2014. Walau demikian, Ongen tetap menaruh hatinya pada dunia tinju.

Rupanya, Ongen mendapat dukungan penuh dari TNI AU untuk bergabung bersama Dirgantara Boxing Club. Kala itu Ongen diturunkan untuk menjadi atlet tinju dalam acara PON 2016 di Jawa Barat.

Kariernya kian melesat setelah debut melawan Imanuel Hutagalung, Ongen berhasil menumbangkan petinju asal Thailand, Nanthawat Mailochat, dalam ajang WBC Asian Bocing Council Continental pada 7 September 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini