Share

Juara WSBK 2022, Alvaro Bautista Ungkap Perbedaan saat Masih Berkarier di Ajang MotoGP

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 04 Desember 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 38 2720189 juara-wsbk-2022-alvaro-bautista-ungkap-perbedaan-saat-masih-berkarier-di-ajang-motogp-VgxF4zuqY9.jpg Alvaro Bautista dan Francesco Bagnaia sama-sama sabet gelar juara pada tahun ini. (Foto: Instagram/@abautista19)

TALAVERA – Pembalap Ducati, Alvaro Bautista, sukses menyegel gelar juara World Superbike (WSBK) 2022. Dia pun kemudian mengenang perjalanan kariernya kala masih berkecimpung di MotoGP. Diketahui, di ajang itu, tepatnya di kelas 125 cc, Alvaro Bautista juga sukses meraih gelar juara.

Tak ayal, Alvaro Bautista pun merasakan adanya perbedaan kala menjuarai WSBK dan 125 cc. Menurutnya, juara di turnamen antara motor-motor komersil itu lebih berat.

Alvaro Bautista

Pada 2006, Bautista merayakan gelar juara dunia pertamanya di ajang Grand Prix ketika berjaya di kelas 125 cc dengan Aprilia. Kemudian, dia menjadi runner-up di kelas 250 cc pada musim 2008.

BACA JUGA: Ducati Berkuasa di MotoGP 2022, Gigi Dall'Igna Tegaskan Para Pembalap Punya Andil

Sementara itu, hasil terbaik yang pernah diraih pembalap asal Spanyol itu di kelas MotoGP adalah finis di posisi lima dalam klasemen akhir musim yang terjadi pada 2012. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk hijrah ke WSBK pada 2019.

BACA JUGA: Jadi Kampiun WSBK 2022, Alvaro Bautista Berharap Diberi Wildcard MotoGP

Kemudian, pada 13 November 2022, pembalap berusia 38 tahun itu sukses mempersembahkan gelar juara WSBK 2022 untuk Ducati dalam balapan terakhir di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Itu berarti, ada jarak 16 tahun antara gelar juara dunia pertamanya dan yang kedua.

Bautista pun menilai dua titel juara yang diraihnya itu didapat dengan proses yang berbeda. Menurutnya, di ajang Grand Prix, dirinya bisa menang karena memang punya motor dan tim yang bagus. Sedangkan di WSBK, dia harus sangat bekerja keras untuk bisa menjadi yang terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

"Mereka berbeda secara signifikan. Untuk gelar pertama, saya tidak akan mengatakan saya tidak harus berjuang untuk itu, tetapi itu saya raih karena saya cepat dan karena saya memiliki motor yang bagus dan tim yang bagus di Aspar,” kata Bautista, dilansir dari Speedweek, Minggu (4/12/2022).

“Sekarang ini (gelar WSBK) adalah hasil kerja keras, saya harus memberikan lebih banyak keseimbangan. Sejak itu, saya telah berevolusi sebagai pembalap dan telah mengalahkan pembalap terbaik dalam sejarah balap Superbike. Itu tidak mudah,” tambahnya.

Alvaro Bautista

Sebagai informasi, Bautista mengamankan gelar juara WSBK 2022 dengan mengumpulkan 601 poin dari 12 seri balapan yang ada. Dia mengungguli juara tahun lalu asal Yamaha, Toprak Razgatlioglu, dengan selisih 72 poin.

Kesuksesannya di WSBK 2022 itu pun melengkapi kegemilangan Ducati tahun ini. Sebab, tim pabrikan asal Italia itu juga menyabet titel di ajang MotoGP lewat pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini