Share

BWF World Tour Finals 2022: Rinov Rivaldy/Pitha Mentari Beri Jawaban Berkelas Cuma Dianggap Penghias Turnamen

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 40 2715466 bwf-world-tour-finals-2022-rinov-rivaldy-pitha-mentari-beri-jawaban-berkelas-cuma-dianggap-penghias-turnamen-pdzne0qrrK.jpg Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kala berlaga. (Foto: Humas PBSI)

JAKARTA – Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, bereaksi atas pandangan yang menilai bahwa mereka cuma jadi penghias di ajang BWF World Tour Finals (WTF) 2022 oleh para pencinta bulu tangkis dunia. Jawaban berkelas pun diberikan Rinov/Pitha.

Sebagaimana diketahui, Rinov/Pitha memang berhasil lolos ke BWF World Tour Finals 2022. Ajang itu akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Ini merupakan pertama kalinya bagi Rinov/Pitha bisa menembus turnamen akhir tahun antardelapan duet terbaik musim ini tersebut. Hasil itu didapat setelah Ripith –sebutan Rinov/Pitha- mengamankan tempat keenam di ranking World Tour 2022 dengan 56.600 poin.

Rinov/Pitha pun menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran dari Tim Merah-Putih yang mentas di Negeri Gajah Putih nanti. Kendati demikian, banyak publik yang menilai bahwa duet andalan Pelatnas Cipayung itu hanya menjadi penghias saja di BWF World Tour Finals 2022.

BACA JUGA: Resmi! Gregoria Mariska Tunjung Mentas di BWF World Tour Finals 2022

Pasalnya, Rinov/Pitha merupakan tandem paling junior. Mereka juga memiliki ranking terendah di antara delapan pasangan lainnya serta tampil kurang konsisten tahun ini.

Akan tetapi, duet ranking 13 dunia itu tak gentar menghadapi cibiran publik tersebut. Selagi ada banyak pihak yang mendukung dan percaya kepada mereka, seperti pelatih dan orang-orang terdekat, Rinov/Pitha berambisi untuk memberikan yang terbaik dan membuktikan diri.

BACA JUGA: Tak Mentas di Australia Open 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Merasa Kurang Persiapan Jelang BWF World Tour Finals 2022

“Itu hak mereka sih, mau berpikir kayak gimana. Cuma balik lagi, aku sama Rinov, selagi dikasih kepercayaan sama pelatih dan orang-orang di sini yang membantu, kami bakal berusaha untuk lebih dari apa yang orang lain bilang,” kata Pitha kepada awak media saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022.

“Jadi kayak mau membuktikan dan enggak masalah juga mereka mau bilang apa,” sambungnya.

Lebih lanjut, Pitha menegaskan bahwa sindiran negatif itu justru menjadi motivasi bagi dirinya dan Rinov untuk tampil apik di WTF 2022. Di samping itu, mereka juga berambisi meraih poin sebanyak mungkin untuk mengembalikan kepercayaan diri setelah bermain kurang konsisten tahun ini.

Follow Berita Okezone di Google News

“Pasti itu jadi motivasi, enggak mungkin enggak. Tapi, enggak mau terlalu fokus main di WTF karena omongan orang-orang,” jelas pemain berusia 23 tahun itu.

“Pertama kan memang mau menaikkan ranking, pedenya juga, karena enggak bisa dipungkiri dalam beberapa pertandingan terakhir hasilnya kurang bagus,” sambungnya.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

“Secara permainan juga, aku merasa enggak puas walau menang di babak pertama dan kedua karena mainnya enggak lepas. Jadi aku ingin secara mental dan nonteknisnya lebih siap di WTF,” jelasnya.

Sebagai informasi, tujuh pasangan lainnya yang lolos ke WTF 2022 bersama Rinov/Pitha adalah Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/ranking 1 dunia), Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/3), Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China/4), Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia/11), Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia/8), Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis/10) dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/2).

Dari segi peringkat, Ripith memang menjadi yang terendah. Walaupun demikian, tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia olahraga. Motivasi yang besar dari Rinov/Pitha untuk membuktikan diri bisa menjadi pemicu bagi mereka untuk mengeluarkan kemampuan terbaik di WTF 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini