Share

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Dicurangi Wasit, Nomor 1 Terjadi saat Lawan Malaysia

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 40 2678439 3-pebulu-tangkis-indonesia-yang-dicurangi-wasit-nomor-1-terjadi-saat-lawan-malaysia-7Kw8ozRWcO.jpg 3 pebulu tangkis Indonesia yang dicurangi wasit. (Foto: PBSI)

3 pebulu tangkis Indonesia yang dicurangi wasit menarik dikulik. Sebab, tak jarang yang mendapat perlakuan curang ini adalah pemain yang diandalkan Indonesia untuk mendulang hasil manis di banyak ajang bergengsi.

Akibat tindakan curang itu, pebulu tangkis Indonesia pun menjadi gagal mendulang hasil manis. Siapa saja pebulu tangkis tersebut? Berikut 3 pebulu tangkis Indonesia yang dicurangi wasit.

BACA JUGA: Marcus Fernaldi Gideon Dapat Kabar Bahagia, sang Istri Umumkan Hamil Anak Ketiga

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Salah satu pebulu tangkis Indonesia yang dicurangi wasit adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda putra andalan Indonesia ini pernah dicurangi wasit kala berlaga di All England 2018.

Hal itu tepatnya terjadi di laga semifinal All England 2022. The Minions -julukan Marcus/Kevn- berhadapan denga ganda Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, dalam laga itu.

Perlakuan curang wasit pun terjadi pada game kedua. Kala itu, pukulan Petersen/Kolding melebar dari area permainan. Namun, wasit malah memberikan poin kepada ganda Denmark. Keputusan wasit pun langsung mendapat protes dari The Minions.

2. Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting

Lalu, ada nama Anthony Sinisuka Ginting. Dia mengalaminya di Hong Kong Open 2019, tepatnya pada babak final. Di babak itu, Anthony dihadapkan dengan wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Laga itu diketahui berlangsung sengit. Anthony harus bertarung hingga rubber game. Di poin kritis pada game ketiga, wasit menyebut Anthony melakukan pelanggaran karena raketnya kala memuluk shuttlecock dinilai sudah melewati atau mengenai net.

Alhasil, meski berhasil mengembalikan shuttlecock dan membuatnya jatuh di area permainan Lee Cheuk Yiu, wasit tak memberi poin kepada Anthony. Protes keras pun diajukan Anthony, meski begitu wasit tak menggubris. Hingga akhirnya, Anthony kalah menyesakkan dengan skor 16-21, 21-10, dan 22-20.

1. Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto

Ribka Sugiarto

Terakhir, ada ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto, yang juga pernah merasakan pahitnya dicurangi wasit. Hal itu terjadi di Malaysia Internasional Series 2019, tepatnya pada babak final.

Di babak itu, Febriana/Ribka dihadapkan dengan wakil Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Kecurangan terjadi kala Febriana/Ribka berhasil mengembalikan bola tanggung, namun tak bisa dibalas oleh ganda Malaysia.

Shuttlecock pun sebenarnya sudah terkena lantai area permainan Malaysia, namun lawan berusaha menangkisnya sehingga bola kembali ke area permainan Indonesia. Meski begitu, wasit malah memberi poin kepada wakil Malaysia.

Sontak, hal ini mendapat protes keraas dari Febriana/Ribka. Namun, protes itu tak didengarkan wasit. Febriana/Ribka pun akhirnya menelan kekalahan dengan skor 16-21, 22-11, dan 18-21.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini