Share

10 Fakta Mengejutkan Michael Phelps Atlet Renang Terbaik Dunia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 43 2676882 10-fakta-mengejutkan-michael-phelps-atlet-renang-terbaik-dunia-T00TXivJF6.jpg 10 fakta mengejutkan Michael Phelps, atlet renang terbaik dunia (Foto: Instagram/@m_phelps00)

SEBANYAK 10 fakta mengejutkan Michael Phelps atlet renang terbaik dunia akan dibahas pada artikel ini. Michael Phelps merupakan salah satu atlet legenda cabang olahraga renang.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang kerap diperlombakan dalam ajang Olimpiade. Membicarakan renang, tentu tak afdol jika tidak membahas sosok Michael Phelps.

Michael Phelps menjadi salah satu atlet renang yang kerap disebut-sebut. Ia merupakan perenang asal Amerika Serikat yang mendapat julukan “raja olimpiade”, hal ini merujuk pada banyaknya medali emas olimpiade yang pernah ia raih.

Berikut 10 Fakta Mengejutkan Michael Phelps Atlet Renang Terbaik Dunia

10. Kehidupan Masa Kecil

Michael Phelps

Pemilik nama lengkap Michael Fred Phelps II ini lahir di Baltimore Maryland pada 30 Juni 1985. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Saat usianya menginjak 9 tahun, ayah dan ibu Phelps memutuskan untuk bercerai.

9. Pernah Menderita ADHD

Michael Phelps

Siapa sangka jika atlet hebat yang satu ini semasa kecil pernah menderita ADHD atau Attention-Deficit Hyperactivity Disorder. ADHD merupakan sebuah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya sulit berkonsentrasi pada hal-hal yang tidak ia sukai.

Karena inilah, Michael Phelps pernah beberapa kali ditangkap polisi. Untuk itu, sang ibu akhirnya memasukan Michael Phelps ke kursus renang.

8. Awalnya Takut Masukan Kepala ke Dalam Air

Michael Phelps

Michael Phelps yang saat itu berusia 7 tahun rupanya takut memasukan kepalanya ke dalam air. Karena hal tersebut, ia lebih sering belajar renang gaya punggung.

7. Pendidikan

Michael Phelps

Semasa sekolah, Michael Phelps mengenyam pendidikan di Dumbarton Middle School, Towson High School, dan University of Michigan. Ia juga bergabung bersama klub Akuatik Baltimore Utara.

6. Gelar Pertama Diraih Saat Usianya 10 tahun

Michael Phelps

Michael Phelps meraih gelar juara pertamanya pada saat usianya 10 tahun. Saat itu, Michael Phelps menjadi juara menggunakan gaya kupu-kupu sejauh 100 meter. 

5. Raja Olimpiade

Michael Phelps

Gelar Raja Olimpiade disematkan kepadanya lantaran Michael Phelps berhasil meraih total 28 medali. Di mana 23 di antaranya adalah medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu. 

4. Tercatat Dalam Guinness World Records

Michael Phelps

Karena torehan prestasinya yang fantastis, nama Michael Phelps tercatat di dalam Guinness World Records sebagai Olympian dengan banyak medali. Bahkan ia menjadi Olympian termuda, yaitu pada usia 27 tahun. 

3. Pensiun

Michael Phelps

Michael Phelps mengumumkan gantung kacamata renang pada 12 Agustus 2016. Hingga masa pensiunnya, Michael Phelps telah mengoleksi 39 rekor dunia. 

2. Kekayaan Mencapai USD100 juta (Rp1,5 triliun)

Michael Phelps

Sebagai perenang terhebat sepanjang masa, Michael Phelps memiliki kekayaan bersih kurang lebih USD 100 juta. Kekayaannya dihasilkan dari jeri payahnya selama berenang dan juga sponsor pendukung. 

1.  Kehidupan Setelah Pensiun

Michael Phelps

Setelah memutuskan untuk pensiun, Michael Phelps aktif membintangi beberapa iklan dan memiliki berbagai sponsor, seperti Speedo, Under Armour, Visa, dan lain-lain. Ia juga mendirikan Michael Phelps Foundation dan membeli rumah serta sejumlah mobil mewah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini