Share

5 Atlet Badminton Terlama yang Berada di Peringkat 1 Dunia BWF, Nomor 1 Kebanggaan Indonesia

Reinaldy Darius, Jurnalis · Senin 26 September 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 40 2675307 5-atlet-badminton-terlama-yang-berada-di-peringkat-1-dunia-bwf-nomor-1-kebanggaan-indonesia-0N8ythFKEK.jpg 5 atlet badminton terlama yang berada di peringkat 1 dunia BWF (Foto: BWF)

SEBANYAK 5 atlet badminton terlama yang berada di peringkat 1 dunia BWF akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah kebanggaan Indonesia.

Menjadi yang terbaik saja untuk sebuah nomor di bulu tangkis bukanlah hal yang mudah. Namun, sejumlah atlet berikut ini mampu mencatatkan rekor terlama. Siapa saja mereka? Simak pembahasan kami berikut ini.

Lin Dan

Berikut 5 Atlet Badminton Terlama yang Berada di Peringkat 1 Dunia BWF

5. Peter Gade

Peter Gade

Pebulu tangkis legendaris asal Denmark ini merupakan mantan penguasa nomor tunggal putra di masanya. Peter Gade merupakan salah satu pesaing utama pebulu tangkis andalan tunggal putra Indonesia pada dekade 2000-an.

Dalam kariernya, Peter Gade tercatat pernah menjadi peringkat 1 BWF nomor tunggal putra selama 159 pekan. Itu menjadi salah satu rekor terlama dunia saat ini pada saat ini.

4. Lin Dan

Lin Dan

Sama halnya seperti Peter Gade, Lin Dan merupakan seorang tunggal putra. Pebulu tangkis asal China ini juga merupakan salah satu pesaing utama Taufik Hidayat pada masanya.

Lin Dan begitu gemilang pada puncak kariernya, hingga mampu meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012. Dia tercatat pernah mempertahankan ranking 1 dunia selama 233 pekan.

3. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Lagi-lagi tunggal putra. Lee Chong Wei merupakan seorang atlet bulu tangkis asal Malaysia yang pernah menjadi pemain terbaik dunia di nomor tunggal putra selama 348 pekan.

Dia begitu konsisten menembus final Olimpiade pada tiga edisi beruntun, yaitu 2008, 2012, dan 2016. Namun, ketiganya selalu berakhir dengan kekalahan untuk Lee Chong Wei.

2. Zhao Yunlei/Zhang Nan

Zhao Yunlei/Zhang Nan

Zhao Yunlei/Zhang Nan merupakan pasangan ganda campuran asal China. Prestasi terbaiknya adalah meraih medali emas Olimpiade London 2012 dan perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Pasangan ini juga pernah menjadi juara BWF World Championship pada tiga edisi berbeda. Kegemilangan itu membantu mereka menjadi ganda campuran nomor 1 BWF selama 236 pekan.

1. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya merupakan ganda putra andalan Indonesia. Mereka meraih segudang prestasi hingga sanggup menjadi ganda putra nomor 1 dunia selama hampir lima tahun.

Berbagai prestasi telah direngkuh oleh pasangan berjuluk The Minions ini. Beberapa di antaranya adalah menjuarai Indonesia Open secara tiga kali beruntun, dua kali All England, dan sebuah medali emas di Asian Games 2018.

Pada bulan September ini, mereka lengser dari peringkat 1 BWF setelah berkuasa selama 214 pekan. Pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, adalah sosok yang menggeser Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini