Share

MotoGP Jepang 2022: Finis Keempat, Marc Marquez Masih Pembalap Honda Terbaik

Rio Eristiawan, Jurnalis · Senin 26 September 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 38 2675115 motogp-jepang-2022-finis-keempat-marc-marquez-masih-pembalap-honda-terbaik-p6ua6rUJ5w.jpg Marc Marquez finis keempat dalam balapan MotoGP Jepang 2022 (Foto: MotoGP)

MOTEGI – Juara World Superbike (WSBK) 2011, Carlos Checha, memuji penampilan Marc Marquez (Repsol Honda) dalam balapan MotoGP Jepang 2022. Sebab, dia meraih hasil paling bagus di antara para pembalap Honda lainnya.

Marquez adalah satu-satunya pembalap Honda yang finis di lima besar. Dia gagal naik ke atas podium, tetapi posisi keempat adalah hasil luar biasa untuk pembalap yang belum lama kembali usai absen panjang karena cedera.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Memulai dari posisi terdepan di Sirkuit Motegi, Minggu 25 September 2022, siang WIB, Marquez gagal memimpin balapan. Dia disalip oleh Brad Binder (KTM Red Bull) langsung mengambil posisi terdepan selepas start.

Tak lama kemudian, Marquez juga disalip oleh dua pembalap Ducati, Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Pramac Ducati). Pembalap berusia 29 tahun itu finis keempat usai mengambil alih posisi Miguel Oliveira (KTM Red Bull).

Usai balapan, Checa mengomentari penampilan Marquez. Dia mengatakan, motor Honda RC213V adalah kuda besi yang sulit dikendarai. Sebab, selain Marquez, para pembalap Honda gagal finis di posisi 10 besar. Sekadar informasi, rekan setim Marquez, Pol Espargaro, menempati posisi ke-12, sedangkan dua pembalap LCR, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, finis di urutan ke-13 dan 20.

"Perlu dicatat, bahwa ini adalah motor yang sulit, lihat di mana pembalap Honda lainnya dan sudah tiga bulan Marc (Marquez) tidak naik motor atau balapan. Tapi, yang terpenting dia fit, secara fisik dan mental," kata Checha, dilansir dari Motosan, Senin (26/9/2022).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Selain itu, Checa pun menilai, Marquez harus bekerja keras untuk meningkatkan performa motor Honda musim depan. Masukan dari Marquez akan berperan penting bagi Honda sebagai acuan dalam pengembangan motor.

"Dia harus memberikan penampilan terbaiknya kepada Honda untuk meningkatkan motornya sehingga dia bisa bertarung untuk Kejuaraan Dunia (MotoGP) 2023. Dia melakukan pramusim sebaik mungkin sekarang, tidak ada yang dipertaruhkan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini