Share

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Pernah Kena Skandal, Nomor 1 Libatkan Pebulu Tangkis China

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 40 2671694 3-pebulu-tangkis-indonesia-yang-pernah-kena-skandal-nomor-1-libatkan-pebulu-tangkis-china-cFsX8LSyjZ.jpg Berikut tiga pebulu tangkis Indonesia yang pernah terlibat skandal (Foto: Reuters)

3 pebulu tangkis Indonesia yang pernah kena skandal, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah salah satu kekuatan bulu tangkis dunia.

Banyak pebulu tangkis Indonesia yang layak disebut sebagai legenda olahraga tepok bulu ini. Akan tetapi, seperti manusia pada umumnya, para pebulu tangkis pun tidak sempurna. Berikut tiga pebulu tangkis yang pernah kena skandal:

3. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Yeremia Rambitan (Foto: Faisal Rahman)

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, pernah terkena skandal pada awal 2022. Usai tampil di SEA Games 2021, dia kedapatan menuturkan kata-kata tidak pantas yang dinilai melecehkan salah satu volunteer. Akibatnya, Yeremia sempat dihujat netizen Tanah Air sehingga dia pun membuat permintaan maaf secara terbuka.

Kini, Yeremia sedang berjuang untuk pulih dari cedera lutut. Proses pemulihan partner Pramudya Kusumawardana itu diharapkan berjalan lancar sehingga segera pulih.

2. Sigit Budiarto

Sigit Budiarto (Foto: PB Djarum)

Selanjutnya, ada legenda bulu tangkis Indonesia, Sigit Budiarto. Partner Candra Wijaya itu pernah terlilit kasus doping pada 1998 sehingga dihukum larangan bertanding selama 12 bulan.

Namun, Sigit tetaplah salah satu legenda bulu tangkis Tanah Air dan dunia. Banyak prestasi telah diukir Sigit untuk Tanah Air pada era keemasannya.

1. Greysia Polii

Greysia Polii (Foto: MPI/Bagas Abdiel)

Greysia Polii pernah dianggap terlibat skandal di Olimpiade 2012 yang berlangsung di London, Inggris. Kala itu, Greysia dan partnernya, Meiliana Jauhari, dianggap sengaja mengalah untuk menghindari ganda putri China ranking satu dunia, Wang Xiaoli/Yu Yang di perempatfinal.

Momen mengenaskan itu terjadi saat Greysia/Meiliana melawan Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan) di fase grup. Alhasil, kedua pasangan pun didiskualifikasi. Selain kedua pasangat itu, Wang/Yu dan Kim Ha-na/Jung Kyung-eun (Korea Selatan) juga didiskualifikasi.

Namun, Greysia membayar kegagalan pada 2012 di Olimpiade Tokyo 2020. Dia dan Apriyani Rahayu mampu mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini