Share

5 Pemain Aktif NBA Keturunan Asia, Nomor 1 Warga Negara Filipina

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 04 September 2022 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 36 2660584 5-pemain-aktif-nba-keturunan-asia-nomor-1-warga-negara-filipina-dM162K9MEs.jpg Berikut 5 pemain aktif NBA keturunan Asia (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 pemain aktif NBA keturunan Asia akan diulas dalam artikel ini. Seperti diketahui, NBA merupakan kompetisi liga basket profesional paling tesohor di Amerika Serikat, bahkan dunia.

Tak heran jika para pebasket seluruh dunia punya impian untuk mentas di NBA, bersaing dengan para pebasket profesional dari belahan dunia lainnya. Nah, mengenai para pebasket dunia, ternyata bukan Amerika Serikat atau Eropa saja yang bisa bersaing.

Para pemain keturunan Asia, juga bisa menembus NBA! Lantas, siapa saja pemain keturnan Asia yang dimaksud?

Berikut 5 pemain aktif NBA keturunan Asia:

5. Jaylin Williams

Jaylin Williams

(Jaylin Williams (kanan), pemain keturunan Vietnam)

Di urutan kelima ada Jaylin Williams, salah satu pemain Oklahoma City Thunder. Ya, sejatinya, Jaylin Williams memang berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Namun, dalam tubuhnya mengalir darah Asia, dari Vietnam, yang berasal dari ibunya. Baru berusia 20 tahun, Jaylin Williams pun baru memulai kariernya di NBA. Ya, usai dipilih Oklahoma City pada NBA Draft 2022, ia bakal segera debut di NBA.

4. Jalen Green

Jalen Green

Selanjutnya, ada Jalen Green, salah satu pemain berdarah Filipina-Amerika Serikat, yang juga tengah menapaki kariernya di NBA. Ya, tak jauh berbeda dari Jaylin Williams, Jalen Green juga masih dalam daftar rookie di NBA.

Namun, ia memperkuat Houston Rockets pada NBA musim 2022-2023. Memasuki usia prima, Jalen Green sendiri diharapkan bisa bersaing dan tak mudah cedera selama berkarier di NBA.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Rui Hachimura

Rui Hachimura

Sejak terpilih di NBA Draft 2019, Rui Hachimura, terus memperlihatkan performa yang apik. Namun, di balik permainan apiknya, pebasket 24 tahun ini punya darah Asia, yang mengalir dari ibunya.

Diketahui, ibu Rui Hachimura merupakan warga negara Jepang. Sementara, ayahnya berasal dari Jerman. Meski lahir di Toyama, Jepang, ia besar dan berkembang di Amerika Serikat, hingga bisa menjadi bagian dari klub Washington Wizards.

2. Yuta Watanabe

Yuta Watanabe

Selanjutnya, di urutan kedua, ada Yuta Watanabe. Tak jauh berbeda, dari Rui Hachimura, Yuta Watanabe juga berasal dari Jepang. Ia memulai karier sejak ikut NBA Draft 2018. Sayangnya, ia kurang beruntung, lantaran tidak ada klub yang memilihnya.

Namun, salah satu klub NBA, Memphis Grizzlies kemudian meliriknya untuk bermain di NBA G Legaue bersama Memphis Hustle. Kiprahnya yang moncer membawanya melejit hingga masuk ke tim NBA.

Pada 2020 silam, Toronto Raptors, mendatangkannya dari Memphis Grizzlies. Ia pun dikontrak dua tahun di sana. Kemudian, pada 2022 ini, ia baru saja meneken kontrak dengan Brooklyn Nets. Yuta Watanabe pun jadi andalan Timnas Basket Jepang.

1. Jordan Clarkson

Jordan Clarkson

Di urutan pertama, ada salah satu pemain keturanan Asia, yang merupakan warga negara Filipina. Ya, dia adalah Jordan Clarkson, yang saat ini membela Utah Jazz sejak 2019.

Filipina yang dikenal memiliki ekosistem basket yang bagus, tentu tak heran jika seorang Jordan Clarkson bisa tembus pasar NBA. Meski berdarah Asia Tenggara, nyatanya Jordan Clarkson mampu bersaing di level NBA.

Ya, meskipun Jordan Clarkson memang banyak menghabiskan waktu di Amerika Serikat, ia tak lupa dengan kampung halamannya. Bahkan, Jordan Clarkson beberapa kali siap bermain untyk Timnas Basket Filipina, meski cukup sulit mendapat izin dari klub.

Jauh sebelum ia berkembang, Jordan Clarkson sendiri memulai kariernya di NBA Draft 2014. Ketika itu ia dipinang Los Angeles (LA) Lakers selama empat tahun (2014-2018). Kemudian, ia akhirnya pindah ke Cleveland Cavaliers (2018-2019) sampai akhirnya berlabuh di Utah Jazz hingga saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini