Share

Update Pekan Ketiga Pencairan Ranking BWF: Putri Kusuma Wardani and Chico Aura Berhasil Naik Peringkat

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 40 2648951 update-pekan-ketiga-pencairan-ranking-bwf-putri-kusuma-wardani-and-chico-aura-berhasil-naik-peringkat-d2eRqDg7zy.jpg Tunggal putra asal Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo. (Foto: PP PBSI)

BWF kembali merilis pencairan ranking, yang berarti sudah memasuki pekan ketiga. Dari pencairan ranking itu, dua wakil Indonesia, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra) dan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri) mengalami kenaikan peringkat di ranking BWF tersebut.

Pada Selasa (16/8/2022) pukul 12.00 WIB, BWF telah memperbarui peringkat dunia pada pekan ketiga pencairan ranking tersebut. Untuk Indonesia, terdapat dua wakil yang naik satu peringkat yakni dari sektor tunggal putra dan tunggal putri.

Di sektor tunggal putra, Chico Aura berhasil naik satu peringkat menggeser pemain India, Sameer Verma. Pemain kelahiran Jayapura itu kini berada di urutan 35 dengan raihan 48.068 poin. Menilik pada 10 besar, Viktor Axelsen masih merajai sektor tunggal putra.

Chico Aura Dwi Wardoyo

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga masih berada di posisinya yaitu ranking enam dan tujuh. Namun Loh Kean Yew sukses naik satu peringkat ke posisi delapan menggeser Chen Long. Pemain andalan Singapura itu mengemas 79.594 poin.

Lalu perubahan juga terjadi pada wakil Indonesia di sektor tunggal putri. Putri KW naik satu peringkat menggeser kompatriotnya, Fitriani. Saat ini dia menghuni ranking 44 dunia dengan koleksi 36.793 poin.

Sementara pada 10 besar tidak terjadi perubahan yang mana Akane Yamaguchi masih menjadi ratu di sektor tersebut. Tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung juga masih berada di ranking 24 dunia dengan raihan 51.331 poin.

Untuk sektor ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, juga masih berada di takhta tertinggi dengan raihan 111.827 poin. Mereka dibuntuti oleh pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang punya koleksi 107.650 poin.

Kemudian, wakil Tim Merah-Putih lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, juga masih bertahan di ranking tiga dunia. Lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga tetap duduk di urutan lima dunia.

Beralih ke sektor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan masih belum tergeser sebagai pasangan ranking satu dunia dengan koleksi 108.666 poin. Mereka dibayangi oleh Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Lee So Hee/Shin Seung Chan yang duduk di posisi dua dan tiga.

Sementara, nama Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih berada di ranking tujuh dunia meski Greysia sudah pensiun. Lalu duet Apriyani dan Siti Fadia Silva Ramadhanti juga masih berada di peringkat 40 dunia seperti pada update pencairan ranking pekan kedua.

Terakhir, di sektor ganda campuran, Dechapol/Sapsiree berhasil mengkudeta pasangan China, Zheng/Huang dari posisi pertama. Pasangan asal Thailand itu kini punya koleksi 115.400 poni.

Sementara Zheng/Huang yang turun satu peringkat punya torehan 113.700 poin. Kemudian di urutan tiga masih dihuni oleh pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Putri Kusuma Wardani

Sekadar diketahui, proses pencairan ranking dunia yang sempat dibekukan selama pandemi Covid-19 sudah dimulai oleh BWF. Masa transisi tersebut telah bergulir mulai 2 Agustus 2022 lalu hingga 3 Januari 2023 mendatang.

Setiap minggunya, sejak peringkat yang baru diterbitkan mulai 2 Agustus 2022, akan ada empat minggu poin peringkat dunia historis yang dihapus mulai dari Minggu ke-12 2019. Satu-satunya pengecualian adalah selama MInggu ke-1 2023 di mana tiga minggu turnamen historis akan dihapus untuk memperbarui peringkat.

Sementara itu, peringkat dunia resmi dibekukan pada 17 Maret 2020 lalu karena wabah Covid-19 yang melanda dunia. Peringkat dunia baru dibuka lagi mulai 2 Februari 2021 lalu usai ajang BWF World Tour Finals 2020 selesai digelar di Bangkok selama Minggu ke-4 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini