Share

Profil Ni Nengah Widiasih yang Sumbang Emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 43 2640774 profil-ni-nengah-widiasih-yang-sumbang-emas-untuk-indonesia-di-asean-para-games-2022-O0ZiHvjffh.jpg Profil Ni Nengah Widiasih yang sumbang emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022 (Foto: INAPGOC)

PROFIL Ni Nengah Widiasih yang sumbang emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022, akan dibahas Okezone. Siapakah Ni Nengah Widiasih?

Ni Nengah Widiasih adalah atlet para powerlifting atau angkat berat Indonesia yang baru saja menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Ia memenangkan pertandingan di kelas 45 kg putri di ASEAN Para Games 2022 dan membuat bangga seluruh rakyat Indonesia.

Profil Ni Nengah Widiasih yang Sumbang Emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022

(Ni Nengah Widiasih raih medali perak di Paralimpiade Tokyo 2020, foto: Reuters)

Sebelumnya, pada 2016, Ni Nengah Widiasih menyumbangkan medali perunggu di Paralimpiade Rio de Janeiro 2016dan mendapatkan medali perak Paralimpiade Tokyo 2020.

Dari semua keberhasilannya tersebut, masyarakat tentu penasaran penasaran dengan sosok Ni Nengah Widiasih. Okezone akan membahas profil Ni Nengah Widiasih yang sumbang emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022:

Nama: Ni Nengah Widiasih

Tempat, tanggal lahir: Bali, 12 Desember 1992

Instagram: @widia_angel

Dibalik kesuksesan Ni Nengah Widiasih atau yang akrab disapa Widi, ternyata menyimpan luka dan perjalanan hidup yang tidak mudah. Awalnya Widi lahir dalam keadaan normal, tetapi ia mengalami kelumpuhan sejak usia tiga tahun.

Saat itu, Widi mengalami demam tinggi yang tak kunjung turun meski orang tuanya sudah membawanya ke dokter. Sejak mengalami demam tinggi, kaki Widi kecil sudah tidak bisa digerakkan. Orang tua Widi melakukan segala macam cara, tetapi hasilnya nihil dan menerima keadaan anaknya.

Perkenalan anak kedua dari empat bersaudara ini dengan dunia dunia angkat berat pada 2006, dimulai dari sang kakak yang juga seorang lifter. Beruntungnya, Widi memiliki orang tua yang selalu mendukung pilihannya. Ketika masuk SMP, dia mengikuti Kejuaraan Nasional Para Angkat Berat dan menjadi juara.

Profil Ni Nengah Widiasih yang Sumbang Emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022

(Ni Nengah Widiasih saat diwawancara, foto: MPI/Andika Rachmansyah)

Melihat bakat dan semangat anaknya dalam olahraga angkat berat, orang tua Widi mengizinkan anaknya pergi ke Solo untuk mengikuti pelatihan nasional. Sejak itu, Widi terus mengembangkan bakatnya dan membangun karier dalam dunia angkat berat di Indonesia.

Kegigihan dan kerja keras Widi terlihat dari segudang prestasi yang diraihnya. Prestasi Ni Nengah Widiasih di antaranya adalah ASEAN Para Games Thailand 2008 (perunggu), ASEAN Para Games Indonesia 2011 (Emas), ASEAN Para Games Myanmar 2013 (emas), Paralimpiade 2016 Rio de Janeiro (perunggu), Paralimpiade Tokyo 2020 (perunggu), ASEAN Para Games Indonesia 2022 (emas), dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini