Share

Kisah Tan Joe Hok, Pebulu Tangkis Indonesia Pertama yang Juara All England

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 04:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 40 2630890 kisah-tan-joe-hok-pebulu-tangkis-indonesia-pertama-yang-juara-all-england-p4Uw3I7Iug.jpg Berikut kisah Tan Joe Hok, pebulu tangkis Indonesia pertama yang juara All England (Foto: PB Djarum)

KISAH Tan Joe Hok, pebulu tangkis Indonesia pertama yang juara All England, akan dibahas Okezone. Sebelum mengenal Liem Swie King, penggemar bulu tangkis Indonesia mungkin lebih dulu mengenal legenda satu ini.

Tan Joe Hok adalah salah satu pebulu tangkis yang layak mendapatkan gelar legenda. Bagaimana tidak, dia pernah menjadi yang terbaik di Piala Thomas (1958, 1961, dan 1964), Asean Games 1962, dan All England 1959.

Uniknya, Tan Joe Hok adalah tunggal putra Indonesia pertama yang menjuarai All England. Itu membuat namanya makin harum dalam sejarah bulu tangkis Indonesia.

Kisah Tan Joe Hok, Pebulu Tangkis Indonesia Pertama yang Juara All England

(Ilustrasi bulu tangkis, foto: Shutterstock)

Di balik kesuksesannya, pria kelahiran Bandung pada 11 Agustus 1937 ini pernah hidup serba kekurangan. Kehidupannya makin susah kala keluarganya mulai hidup berpindah-pindah sebagai imbas perang kemerdekaan. Bandung, Sumedang, dan Tasikmalaya menjadi tempat persinggahannya.

Hidupnya yang kerap berpindah-pindah ini, membuat Tan Joe Hok pandai mengamati lingkungan sekitar, termasuk saat san orang tuan bermain bulu tangkis dengan tetangga. Ketertarikan Tan Joe Hok dengan bulu tangkis mulai menjadi-jadi saat ia kembali ke Bandung.

Ayahnya pun membangun lapangan bulu tangkis sederhana dengan garis lapangan dibuat dari bambu di rumahnya di Jalan Satria 15, Cicendo, Bandung. Kala itu, ia masih tak punya raket dan tak paham teknik.

Meski begitu, bakat Tan Joe Hok tetap terlihat. Ia memberanikan diri meminjam raket ayahnya untuk mengalahkan banyak orang yang telah mahir bermain bulu tangkis.

Bersama dengan raket itu pula, Tan Joe Hok banyak menjuarai pertandingan tingkat lokal. Ia mengakui kunci dari gerakan cepatnya ada pada gerakan kaki yang dipelajari dari pertandingan tinju di Bandung. Ia meniru gerakan tersebut dengan berlatih skiping.

Jalan Tan Joe Hok menjadi pemain bulu tangkis dibuka oleh pemain bulu tangkis kenamaan asal Bandung, Lie Tjoe Kong. Lie adalah pebulu tangkis profesional pertama yang mengendus bakat Tan Joe Hok.

Follow Berita Okezone di Google News

Kisah Tan Joe Hok, Pebulu Tangkis Indonesia Pertama yang Juara All England

(Ilustrasi bulu tangkis, foto: MNC Media)

Kemudian, Tan Joe Hok diajak bergabung dengan tim bulu tangkis Blue White yang menjadi cikal-bakal dari Klub Mutiara Bandung. Singkat cerita, nama Tan Joe Hok makin dikenal setelah meraih juara di Kejuaraan Nasional Bulu Tangkis Surabaya pada 1956.

Kesuksesan itu yang mengantarkannya ke tim Indonesia untuk turnamen Piala Thomas yang berlangsung di Singapura pada 1958. Tim Indonesia kala itu terdiri dari Tan Joe Hok, Ferry Sonneville, Tan King Gwan, Njoo Kim Bie, Lie Poo Djian, Olich Solichin, dan Eddy Yusuf. Tim yang dijuluki The Magnificent Seven itu, keluar sebagai juara Piala Thomas 1958.

Tan Joe Hok turut mentas di All England 1959. Di final, Tan Joe Hok mengalahkan seniornya, Ferry Sonneville. Kemenangan itu membuatnya jadi tunggal putra Indonesia pertama yang menjuarai All England.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini