Share

Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Timnas Basket Indonesia Tak Bisa Turunkan Kekuatan Terbaik saat Hadapi Yordania

Rio Eristiawan, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 36 2622932 kualifikasi-fiba-world-cup-2023-timnas-basket-indonesia-tak-bisa-turunkan-kekuatan-terbaik-saat-hadapi-yordania-ggIWqghKrg.jpg Timnas Basket Indonesia tak bisa mainkan sejumlah pemain saat melawan Yordania. (Foto: Instagram/official_timnasbasket)

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia tampaknya tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya saat melawan Yordania di laga Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Sebab seperti yang dikatalan pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman, ada banyak pemain mereka yang cedera sehingga harus absen saat melawan Yordania.

Timnas basket Indonesia akan kembali berlaga dalam lanjutan Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia menghadapi Yordania di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (4/7/2022) malam WIB. Dalam pertandingan nanti, Timnas Basket Indonesia diharapkan bisa meraih kemenangan perdana.

Saat ini, Timnas Basket Indonesia masih menempati peringkat keempat di Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Dari lima laga yang sudah dimainkan, Derrick Michael Xzavierro dan kawan-kawan belum meraih satu kemenangan pun.

Timnas Basket Indonesia vs Arab Saudi (Muammar Yahya/MPI)

Meski sempat menelan kekalahan dari Arab Saudi dengan skor 67-69, tetapi Toroman mengakui pemain Timnas Basket Indonesia menunjukkan penampilan bagus. Sayangnya saat menghadapi Yordania, ia menjelaskan beberapa pemainnya tidak bisa bermain.

"Namun saya kira pemain kita menunjukkan karakter dan spirit dalam pertandingan sebelumnya. Untuk posisi (Andakara) Prastawa, ada Yudha (Saputra) dan Widhi yang bisa menggantikan. Kita lihat juga apakah Abraham (Damar Grahita) bisa bermain. Kemudian Arighi dan Agassi juga bisa bermain di posisi satu," kata Toroman seusai latihan timnas basket putra di Istora pada Minggu (3/7/2022) pagi.

Lebih lanjut, pelatih asal Serbia itu berharap penggemar Indonesia memberikan dukungan kepada timnya. Toroman mengatakan menghadapi Arab Saudi timnya sangat terbantu oleh dukungan penggemar.

"Saya mengharapkan dukungan fans. Mereka banyak membantu kami lawan Arab Saudi," ucapnya.

Meski Yordania sempat menelan kekalahan 70-89 dari Lebanon, tetapi timnas Indonesia tak boleh menganggap remeh. Toroma mengatakan Yordania memiliki beberapa pemain bagus dan akan menjadi ancaman untuk timnya di pertandingan nanti.

Timnas Basket Indonesia latihan di Istora Senayan (Cikal Bintang/MPI)

"Mereka punya Ahmet Düverioğlu (Ahmad Al Dwairi) yang delapan tahun bermain di Euro League. Ada Zaid Abbas yang bermain di CBA, Dar Tucker yang membela sejumlah klub Eropa dan Amerika,” lanjut Toroman.

“Ada juga Freddy Ibrahim yang lahir dan besar di Kanada. Bench mereka tak begitu bagus, tapi ini pertandingan penting untuk mereka, apalagi setelah kalah dari Lebanon sebelumnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini