Share

5 Fakta Menarik Keberhasilan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021, Nomor 1 Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 36 2599681 5-fakta-menarik-keberhasilan-timnas-basket-indonesia-di-sea-games-2021-nomor-1-diperkuat-3-pemain-naturalisasi-a5FVkzbO8u.jpg 5 fakta menarik keberhasilan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@iblindonesia)

ADA 5 fakta menarik keberhasilan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021, yang akan dibahas pada artikel ini. Ya, sebagaimana diketahui, Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mendulang emas SEA Games 2021.

Keberhasilan tersebut mencipatkan sejumlah sejarah yang akan dikenang sepanjang masa. Selain itu, ada pula fakta menarik di balik keberhasilan Timnas Basket Indonesia menggondol emas SEA Games 2021.

Lantas, apa saja faktanya? Berikut 5 fakta menarik keberhasilan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021:

5. Medali Emas Pertama SEA Games

Timnas basket Indonesia

Keberhasilan Arki Dikania Wisnu dkk menggondol emas SEA Games 2021 sangat berharga. Sebab, ini merupakan medali emas SEA Games pertama kalinya bagi Timnas Basket Indonesia.

Sebelum SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia sudah pernah mencicipi empat medali perak. Momen itu didapatkan pada SEA Games 2001, 2007, 2015, dan 2017.

Selain itu, medali emas ini pun sangta bermakna. Pasalnya, Timnas Basket Indonesia bisa memutus dominasi Filipina yang telah menjadi juara selama 13 kali berturut-turut.

4. Kalahkan Raja Basket Asia Tenggara

Timnas basket Indonesia

Timnas Basket Indonesia berhasil menciptakan sejarah. Ya, bukan hanya medali emas yang berhasil dibawa pulang, melainkan ada tinta sejarah mereka bisa mengalahkan raja basket Asia Tenggara, yaitu Filipina.

Sekadar diketahui, Filipina kini menempati ranking FIBA ke-14 dunia. Sementara, di Asia mereka ada di urutan keenam. Sedangkan Indonesia, berada di posisi ke-95 dunia dan 19 Asia.

Tampil ngotot sejak awal pertandingan, Timnas Basket Indonesia berhasil menang 85-81 lawan Filipina. Dengan begitu, dominasi emas SEA Games Filipina selama 13 tahun beruntun pun runtuh di tangan Indonesia.

3. Disorot Media Asing

Media Vietnam

Raihan positif Timnas Basket Indonesia meraih medali emas, ternyata bukan hanya euforia untuk masyarakat Indonesia saja. Namun, keberhasilan tim besutan Milos Pejic ini, juga terdengar sampai belahan dunia.

Ya, kesuksesan Timnas Basket Indonesia menggondol emas SEA Games 2021 sampai diberitakan oleh media asing. Salah satunya media Vietnam, Zing News yang membuat judul heboh. Dalam laporan beritanya, Zing News menuliskan headline “Raja Basket Filipina Digulingkan”.

2. Ditangani Pelatih Asing

Milos Pejic

Hasil manis kontra Filipina di Final SEA Games 2021, tak terlepas dari tangan dingin seorang juru taktik, yang meramu strategi sedemikian rupa bagi tim asuhnya. Ya, Timnas Basket Indonesia sendiri ditangani oleh pelatih asing.

Pelatih tersebut adalah Milos Pejic. Pria asal Serbia itu memang sudah malang melintang di dunia basket Indonesia. Sebelum menangani Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021, ia pun sukses membawa Satria Muda Pertamina juara IBL 2021.

1. Diperkuat Tiga Pemain Naturalisasi

Marques Bolden

Kesuksesan penggawa Garuda demi meraih emas di cabang olahraga basket, tak terlepas dari kerja keras para pemainnya. Termasuk tiga pemain naturalisasi, yang berkontribusi penuh bagi Timnas Basket Indonesia.

Adapun ketiga pemain naturalisasi Indonesia itu adalah Dame Diagen, Brandon Jawato, dan Marques Bolden. Ketiganya tampil apik selama SEA Games 2021.

Terutama Marques Bolden, yang berhasil menorehkan double-double, 18 poin dan 10 rebound di partai Final SEA Games 2021. Kemudian Brandon Jawato pun menyumbang 11 poin bagi Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini