Share

Meski Masuk Tiga Besar di SEA Games 2021, Kontingen Indonesia Tetap Akan Dievaluasi

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 43 2598977 meski-masuk-tiga-besar-di-sea-games-2021-kontingen-indonesia-tetap-akan-dievaluasi-7azl0glSEG.JPG Petenis Indonesia, Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Indonesia, Chandra Bhakti, senang melihat kontingen Indonesia mampu bertengger di peringkat ketiga pada klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2021. Namun, ia tegatkan evaluasi masih akan dilakukan agar ke depannya bisa lebih baik lagi.

Pada SEA Games 2021 kali ini, Indonesia berhasil meraih 241 medali yang terdiri dari 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Dengan hasil tersebut, Indonesia berada di bawah Vietnam dan juga Thailand yang berhasil bertengger di urutan pertama dan kedua.

Meski pencapaian Indonesia sudah cukup memuaskan, Chandra berpendapat bahwa evaluasi tetap perlu dilakukan. Dengan hal tersebut, Indonesia diharapkan bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan lagi pada turnamen berikutnya.

Rowing (NOC Indonesia)

“Tentu apapun hasilnya apakah itu prestasi meningkat atau menurun tentu akan kita lakukan evaluasi, karena harus kita pahami evaluasi nanti akan sangat menjadi masukan dalam melakukan pembinaan olahraga prestasi menjadi lebih baik lagi,” ujar Chandra dikutip dari situs resmi Kemenpora, Senin (23/5/2022).

Bahkan, Indonesia juga sudah melakukan evaluasi harian kepada kontingen Indonesia yang melakukan pertandingan di SEA Games 2021. Berbagai analisis pun dilakukan secara mendalam sebagai bahan evaluasi.

“Artinya adanya evaluasi untuk lebih baik lagi saat pertandingan. Kita melihat secara objektif, harus menganalisis lebih dalam,” sambung Chandra.

“Tentu dalam proses review itu ada pengukuran-pengukuran yang dilakukan oleh tim. Kita akan optimalisasi,” tambahnya.

Timnas Basket Indonesia

Sebanyak 499 atlet dan 214 ofisial pun telah melaksanakan tugasnya dengan baik untuk bertanding di 32 cabang olahraga di SEA Games 2021. Tentu saja Indonesia patut mendapatkan apresiasi setelah mampu memastikan tempat ketiga pada tahun ini.

Apalagi berada di tiga besar memang menjadi target awal Indonesia di SEA Games 2021. Karena target sudah dipenuhi, maka para atlet yang berjuang layak mendapatkan apresiasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini