Share

2 Rekor Fantastis yang Ditorehkan Indonesia di SEA Games, Nomor 1 Diciptakan Garuda Muda

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 43 2596169 2-rekor-fantastis-yang-ditorehkan-indonesia-di-sea-games-2021-nomor-1-diciptakan-garuda-muda-Rjb0MqHrse.jpg Timnas Indonesia U-23. (Foto: Laman resmi seagames2021)

SEA Games memang selalu dipenuhi kejutan. Pasti ada saja rekor atau catatan fantastis yang ditorehkan oleh atlet dari masing-masing negara. Tak ketinggalan, atlet dari Indonesia. Tim Merah-Putih sukses meraih rekor dalam perhelatan SEA Games yang telah diselenggarakan 31 kali ini.

Berikut rekor atlet Indonesia pada ajang SEA Games yang berhasil dihimpun tim Litbang MPI sejauh ini.

1. Siman Sudartawa Sukses Pecahkan Rekor di SEA Games 2017

Rekor lain yang juga ditorehkan para atlet Indonesia terjadi di tahun 2017. perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa berhasil finis dengan waktu 25,20 detik dalam nomor 50 meter gaya punggung putra. Rekor sebelumnya diukir oleh Zheng Wen Quah, atlet asal Singapura dengan waktu 25,27 detik. Zheng mencatatkan rekor itu pada SEA Games 2015.

I Gede Siman Sudartawa

Siman mengaku tidak mudah untuk mencapai prestasi itu. Sebab, dirinya harus berhadapan dengan perenang Vietnam dan Singapura yang memiliki performa prima. Atlet dari kedua itu bahkan menjadi rival sejati Siman yang sangat sulit ditaklukan.

Meskipun berhasil, Siman tetap ingin memberikan hasil terbaik pada gelaran SEA Games selanjutnya. Hal itu berhasil ia buktikan dalam SEA Games 2019. Siman kembali memecahkan rekor atas dirinya sendiri dengan catatan waktu 25,12 detik. Turun di nomor 50 meter gaya punggung, Siman juga mempersembahkan medali emas bagi Indonesia.

Mengutip Okezone, Siman sangat bersyukur dan bahagia atas hasil yang berhasil ia dapat. Medali emas dalam SEA Games saat itu adalah medali keduanya. Sebelumnya, ia sudah meraih medali perak di nomor 100 meter gaya punggung. Siman menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah mendukung dan membantunya. Terutama, bagi PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

I Gede Siman Sudartawa

Ketua PB PRSI saat itu, Anindya Bakrie, turut hadir dan mengalungkan medali kepada Siman.

β€œItu berkat kerja sama semua tim dan pelatih, ofisial, pengurus, pemerintah, KOI, KONI, dan semua pihak yang telah membantu Siman,” kata Anindya.

Melalui pencapaiannya ini, Siman berhasil menunjukkan kelas dan kapasitasnya. Tak hanya medali emas, namun ia juga berhasil memecahkan rekor SEA Games dan membuat atlet-atlet Indonesia semakin diperhitungkan di kancah internasional.

1. 45 Tahun Timnas Indonesia U-23 Tak Terkalahkan oleh Filipina

Sepakbola menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang selalu diminati dan menjadi perhatian dalam setiap ajang SEA Games. Di sisi lain, cabor ini juga memiliki rekornya sendiri, terkhusus bagi kontingen Indonesia. Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia tidak pernah terkalahkan oleh Filipina sejak tahun 1977.

Terbaru, Timnas tampil gemilang saat menggulung Filipina dengan skor 4-0 di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam pada 13 Mei 2022. Dua gol Timnas disarangkan oleh Muhammad Ridwan pada menit ke-18 dan Rizky Ridho di menit ke-44. Ketangguhan skuad Garuda Muda dipertegas dengan gol yang dicetak Egy Maulana Vikri dan Marselino Ferdinand.

Semenjak keikutsertaannya di SEA Games, Indonesia tak pernah sekali pun kalah dari Filipina. Hal tersebut tentunya menjadi rekor gemilang bagi Timnas. Bagi Filipina sendiri, ini tentunya menjadi tantangan yang memacu untuk dilalui. Namun, keberuntungan sepertinya belum juga memihak pada tim berjuluk The Azkals itu.

Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

Dalam ajang SEA Games 2019 yang dihelat di Filipina, tim tuan rumah juga gagal mengatasi keganasan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Kala itu, Indonesia menang 2-0 atas Filipina. Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay adalah dua penggawa Garuda Muda yang berhasil mencetak gol. Bahkan, Egy berhasil membawa Timnas unggul saat laga baru berjalan 4 menit. Sementara, Osvaldo menyarangkan gol di menit ke-87.

Sepanjang gelaran SEA Games, Timnas Indonesia selalu membawa pulang medali. Namun, belum pernah memboyong medali emas ke Tanah Air. Dalam SEA Games tahun 2011, 2013, dan 2019, sepak bola berhasil menyumbagkan medali perak.

Sementara itu, di SEA Games 2017, Timnas mempersembahkan medali perunggu bagi Indonesia. Dalam SEA Games 2021 ini, Shin Tae-yong beserta seluruh anak asuhnya tentu sangat berambisi meraih medali emas. Jika hal ini bisa tercapai, maka sejarah baru diukir oleh dunia sepak bola Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini