Share

Ini Penjelasan Lengkap Perbedaan Asian Games dan SEA Games

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 43 2594505 ini-penjelasan-lengkap-perbedaan-asian-games-dan-sea-games-lCDK3edRRD.JPG Ini Penjelasan Lengkap Perbedaan Asian Games dan SEA Games. (Foto: Reuters)

INI penjelasan lengkap perbedaan Asian Games dan SEA Games. Saat ini seperti yang diketahui SEA Games 2021 tengah berlangsung di Hanoi, Vietnam, yang bergulir pada 12-23 Mei 2022. Uniknya, masih banyak yang mengira SEA Games tersebut sama saja dengan Asian Games, padahal dua kompetisi olahraga itu sangatlah berbeda.

Pertama mari bahas SEA Games terlebih dahulu. SEA sendiri merupakan singkatan dari South East Asia atau Asia Tenggara, yang berarti para peserta pesta olahraga tersebut adalah negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara.

Sementara Asian Games berarti kompetisi yang dilakukan di benua Asia, jadi negara manapun yang berasal dari Asia berhak mengikuti ajang tersebut. Dari situ sudah jelas bahwa peserta Asian Games jauh lebih banyak dibandingkan SEA Games.

Asian Games

Dari waktu penyelenggaraannya pun berbeda. SEA Games dilakukan setiap dua tahun sekali, sementara Asian Games empat tahun sekali.

Selain jumlah peserta dan waktu penyelenggaran, ketentuan cabang olahraga (cabor) yang dimainkan juga ternyata berbeda. Pada SEA Games, penentuan cabor yang dimainkan biasanya tergantung hasil dari keputusan Souteast Asian Games Federation (SEAGF).

Menariknya, tuan rumah penyelenggara SEA Games mendapatkan sebuah keuntungan lantaran dapat memilih menambah atau bahkan mengurangi cabor yang akan dipertandingkan. Biasanya tuan rumah akan memilih cabor yang menguntungkan mereka dan menghapus cabor yang sekira sulit untuk mereka raih medali emas.

Sementara untuk Asian Games, ketentuan cabor yang dimainkan biasanya yang berbasis olimpiade dan non-olimpiade wajib diselenggarakan. Tuan rumah Asian Games sebenarnya memiliki keuntungan untuk memilih cabor yang bisa dimainkan, namun permintaannya tidak sebebas seperti menjadi tuan rumah SEA Games.

SEA Games 2021 (NOC Indonesia)

Biasanya tuan rumah Asian Games harus memiliki persetujuan dulu dari Olympic Council of Asia (OCA) atau Dewan Olahraga Asia ketika ingin memasukkan beberapa cabor andalan mereka.

Jadi, seperti itulah perbedaan SEA Games dan Asian Games. SEA Games hanya untuk negara-negara di Asia Tenggara, sementara Asian Games peserta adalah negara yang berada di kawasan benua Asia. Hal yang sama hanyalah baik SEA Games dan Asian Games adalah pesta olahraga multievent.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini