Share

Emilia Nova Jadi Atlet Putri Pertama yang Bawa Bendera Kontingen Indonesia di SEA Games

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 43 2586230 emilia-nova-jadi-atlet-putri-pertama-yang-bawa-bendera-kontingen-indonesia-di-sea-games-2694vOwmhn.jpeg Emilia Nova jadi atlet putri pertama yang bawa bendera kontingen Indonesia di SEA Games (Foto: NOC Indonesia)

JAKARTA – Sejarah tercipta untuk Indonesia di SEA Games 2021. Sejarah ini berkaitan dengan flag bearers atau pembawa bendera Merah Putih pada defile kontingen di Opening Ceremony SEA Games.

Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Ferry Kono, membuat kejutan. Untuk pertama kali dalam sejarah partisipasi Indonesia di SEA Games, atlet putri menjadi pembawa bendera kontingen Merah Putih. Sosok yang dapat kehormatan itu adalah pelari gawang Emilia Nova.

Ferry Kono (Foto: NOC Indonesia)

Ferry menjelaskan, pemilihan Emilia sebagai flag bearers karena rekam prestasi dara kelahiran 20 Agustus 1995 tersebut. Terlebih, multi-event dua tahunan paling bergengsi se-Asia Tenggara itu bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia pasca cedera.

“Kami memilih Emilia menjadi flag bearers Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat concern dan mengedepakan gender equality. Kami memosisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry, Rabu (27/4/2022).

Emilia merupakan atlet berpretasi dari cabang olahraga atletik. Ia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan medali emas 2019 SEA Games Filipina.

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” kata Ferry.

Sementara itu, Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games. Apalagi, penunjukkan ini menjadikannya sebagai atlet putri pertama yang membawa bendera kontingen Indonesia di SEA Games.

“Saya tidak menyangka karena banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba, kok, saya mendapat tawaran untuk membawa bendera,” terang Emilia.

“Tentu, ini kebanggaan untuk saya. Apalagi, setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia.”

Lebih lanjut, Emilia menjelaskan, pemilihan dirinya menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada 16 Mei di nomor 100 m lari gawang putri.

Emilia Nova dan Ferry Kono (Foto: NOC Indonesia)

“Menurut saya, perempuan yang memiliki prestasi internasional itu keren banget karena menjadi juara susah di masa sekarang. Memang terkadang harus ada yang dikorbankan, tetapi semuanya itu worth it,” kata Emilia.

Sebelum Emilia, kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014 Incheon. Dengan penunjukkan Emilia, ia resmi menjadi atlet putri pertama yang bawa bendera kontingen Indonesia di SEA Games.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini