Share

Biodata dan Agama Lee Zii Jia, Tunggal Putra Malaysia yang Keluar dari BAM

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 40 2578054 biodata-dan-agama-lee-zii-jia-tunggal-putra-malaysia-yang-keluar-dari-bam-KGpgrnbecq.jpg Berikut biodata dan agama Lee Zii Jia (Foto: Humas PP PBSI)

BIODATA dan agama Lee Zii Jia akan dibahas Okezone. Lee Zii Jia merupakan pebulu tangkis sektor tunggal putra andalan Malaysia selepas Lee Chong Wei pensiun.

Lee Zii Jia memutuskan keluar dari Badminton Association of Malaysia (BAM) pada awal 2022 dan menjadi pemain profesional. Proses keluarnya Lee Zii Jia dari BAM sempat menjadi perhatian pencinta bulu tangkis dunia.

Biodata dan agama Lee Zii Jia

(Lee Zii Jia saat berlaga, foto: PBSI)

Sekadar informasi, tunggal putra peringkat tujuh dunia ini merupakan anak dari Lee Chee Hin dan Leow Siet Peng. Dia merupakan tunggal putra Malaysia yang pernah menyabet medali emas All England 2021. Dia juga merupakan peraih medali emas bagi Malaysia pada SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina pada nomor tunggal putra.

Biodata dan Agama Lee Zii Jia

Pria kelahiran 29 Maret 1998 ini pertama kali diperkenalkan bulu tangkis oleh orang tuanya pada usia 6 tahun. Pada tahun-tahun awal, ia belajar di Sekolah Dasar Keat Hwa H di Alor Setar, Kedah. Karena prestasinya dalam kompetisi U-12, ia segera direkrut ke Sekolah Olahraga Bukit Jalil.

Berbekal pengalamannya dari kecil, Lee Zii Jia tampil di Kejuraan Dunia Junior Bulu Tangkis pada 2016. Sayangnya, dia harus mendapatkan medali perunggu setelah kalah dari pemain muda andalan Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, di semifinal.

Selain itu, pada 2016, dia juga mencapai final India International Series. Akan tetapi, dia harus menelan kekalahan dari pebulu tangkis tuan rumah, Lakshya Sen.

Follow Berita Okezone di Google News

Biodata dan agama Lee Zii Jia

(Lee Zii Jia saat berlaga, foto: PBSI)

Pada 2017, Lee Zii Jia menjalani titik balik dalam kariernya. Sebab, untuk pertama kalinya, Lee Zii Jia meraih gelar di level senior saat menjadi yang terbaik di turnamen Polish International. Dia menang atas kompatriotnya, Soong Joo Ven.

Terakhir, dia membantu tim Malaysia dalam mendapatkan medali emas di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2022 usai mengalahkan Indonesia di final dengan skor 3-0, Minggu 20 Februari 2022. Selanjutnya, Lee Zii Jia akan membela negaranya di Piala Thomas 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini