Share

Aspal Sirkuit Mandalika Selesai Diperbaiki, Sudah Siap Gelar MotoGP Indonesia 2022?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 38 2561570 aspal-sirkuit-mandalika-selesai-diperbaiki-sudah-siap-gelar-motogp-indonesia-2022-jDKYCrmeNH.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: Laman resmi MotoGP)

MANDALIKA - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah mengumumkan bahwa permukaan aspal dari Sirkui Mandalika sudah selesai diperbaiki. Namun, lolos atau tidaknya lintasan baru itu akan terjawab usai FIM melakukan proses homologasi sebelum balapan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung.

Sebagaimana diketahui, para pembalap MotoGP sebelumnya telah mencicipi Sirkuit Mandalika pada Februari lalu saat tes pra musim. Ketika itu, mereka melihat masih kekurangan dari trek sepanjang 4,31 km itu, yakni dari segi aspal yang dinilai kurang memenuhi standar balapan motor terelite di dunia itu.

Alhasil, Dorna dan FIM pun menyampaikan kepada pihak MGPA bahwa Sirkuit Mandalika harus diaspal ulang sebelum menggelar balapan musim 2022. Kemudian, pihak MGPA pun mengabulkan permintaan tersebut demi lancarnya pagelaran MotoGP 2022.

Aspal Sirkuit Mandalika telah selesai diperbaiki (MGPA)

Kini, aspalnya dipastikan sudah jadi. Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria bahkan menyebut tampak adanya perbedaan jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Sebelum bisa kembali digunakan, MGPA menunggu tibanya delegasi keamanan FIM. Setelah itu, proses homologasi akan dilakukan, sebelum MotoGP Indonesia berlangsung.

“Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat. Pihak FIM akan datang pada hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi,” kata Priandhi dalam rilis resmi MGPA, Senin (14/3/2022).

Priandhi juga menambahkan salah satu tantangan dalam pembangunan lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit ini adalah kecepatan para pembalap yang akan beraksi.

“Tak mudah membuat permukaan lintasan. Di Indonesia belum pernah ada lintasan dilewati dengan kecepatan melebihi 250 km/jam. Ini bisa sampai 300 km/jam bukan hanya jalan lurus tapi juga tikungan,” ujarnya.

Sirkuit Mandalika

“Ibaratnya kalau kita menulis di kertas lalu disetip terus-terusan pasti kertasnya bolong. Lintasan juga mungkin terkikis. Mungkin ketika itu ada banyak faktor, cuaca, dan lain-lain yang membuat kualitasnya tidak sebagus sekarang,” tutur Priandhi.

Balapan MotoGP Mandalika 2022 akan diselenggarakan akhir pekan ini, tepatnya pada 18-20 Maret 2022. 18 dan 19 Maret akan menjadi momen sesi latihan dan kualifikasi, lalu balapan utamanya akan berlangsung pada Minggu 20 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini