Share

Takjub Lihat Perjuangan Petinju Ukraina yang Ikut Bela Negara, Petarung Rusia Ini Kirim Pesan Menyentuh

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 43 2556493 takjub-lihat-perjuangan-petinju-ukraina-yang-ikut-bela-negara-petarung-rusia-ini-kirim-pesan-menyentuh-ndpt9BKKul.jpg Petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk. (Foto: Instagram/usykaa)

LAS VEGAS โ€“ Petinju asal Rusia, Dmitry Bivol mengaku prihatin melihat konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Bivol pun berharap tak ada korban jiwa dari peperangan tersebut, apalagi ia mengetahui bahwa ada sejumlah petinju asal Ukraina yang ikut membela negara mereka melawan Rusia.

Sebelumnya, masyarakat sipil di Ukraina berbondong-bondong mengajukan diri untuk angkat senjata demi menghalau invasi Rusia. Di antaranya datang dari para petinju seperti Oleksandr Usyk hingga Vasiliy Lomachenko.

Juara kelas ringan WBA, Dmitry Bivol berbicara dalam konferensi pers sebelum menghadapi raja pound-for-pound Saul 'Canelo' Alvarez pada Mei mendatang. Krisis yang berkembang di Ukraina mau tidak mau menjadi bahan pembicaraan.

Oleksandr Usyk

Pria yang lahir di Kirgistan, tetapi telah lama menjadi warga negara Rusia itu mengatakan sedih melihat konflik yang sedang terjadi di Ukraina. Pria berusia 31 tahun itu mengaku mempunyai teman dan keluarga yang tinggal di Ukraina maupun Rusia.

"Saya punya banyak teman di Ukraina. Saya punya banyak teman di Rusia. Keluarga saya ada di Rusia,โ€ ucap Bivol dikutip laman Metro, Sabtu (5/3/2022).

"Ini benar-benar menyedihkan bagi saya. Setiap hari saya bangun dan membaca berita dan saya berharap itu akan berhenti,โ€ lanjutnya.

Juara dunia kelas berat Usyk dan juara dunia tiga kelas Lomachenko keduanya telah kembali ke tanah air mereka di Ukraina untuk mengangkat senjata setelah invasi tersebut. Keduanya diketahui telah bergabung dengan batalyon pertahanan teritorial.

Ditanya tentang keterlibatan pejuang Ukraina dalam konflik, Bivol menilai apa yang dilakukan Usyk dan Lomachenko adalah hal yang patut dimaklumi. Dia menghormati keputusan dari kedua petinju itu.

โ€œSulit untuk mengomentari sesuatu yang berkaitan dengan orang-orang yang membela negara asal mereka. Sebagai atlet, saya sangat menghormati mereka, mereka adalah beberapa yang terbaik di dunia dan sebagai manusia, saya sangat menghormati mereka,โ€ lanjutnya.

Dmitry Bivol

โ€œTetapi pilihan mereka dan hal-hal yang mereka lakukan, itu sangat individual. Saya membuat pilihan saya sendiri, mereka membuat pilihan mereka sendiri. Mereka harus melakukan apa yang mereka lakukan,โ€ imbuhnya.

Bivol sendiri saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Canelo Alvarez dalam pertarungan tinju di kelas berat ringan di Las Vegas, Amerika Serikat pada 7 Mei 2022 mendatang. Bagi Canelo, tampil di kelas light heavyweight adalah tantangan baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini