Share

5 Fakta Sirkuit Losail Arena Race Perdana MotoGP 2022, Nomor 1 Kekuasaannya Valentino Rossi dan Casey Stoner

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 38 2556241 5-fakta-sirkuit-losail-arena-race-perdana-motogp-2022-nomor-1-kekuasaannya-valentino-rossi-dan-casey-stoner-v7R7Xve7e3.jpg Berikut lima fakta Sirkuit Losail, Doha, Qatar (Foto: MotoGP)

SIRKUIT Losail, Doha, Qatar, akan menjadi tuan rumah balapan pertama MotoGP 2022. Balapan bertajuk MotoGP Qatar 2022 itu akan berlangsung pada 6 Maret mendatang.

Hasil positif di Sirkuit Losail menjadi incaran semua pembalap karena merupakan balapan pembuka musim. Nah, apa yang Anda ketahui dari Sirkuit Losail? Okezone akan memaparkan fakta-fakta tentang Sirkuit Losail.

Berikut lima fakta Sirkuit Losail:

5. Tata Letak Sirkuit Losail

Sirkuit Losail (Foto: MotoGP)

Daftar ini akan dimulai dengan tata letak Sirkuit Losail. Sirkuit Losail memiliki 16 tikungan yang terdiri dari enam ke kiri dan 10 ke kanan. Ke-16 tikungan itu akan menjadi tempat bagi para pembalap untuk menyalip satu sama lain. Sekadar informasi, tikungan pertama memberi pembalap kesempatan terbaik untuk menyalip.

Sementara itu, Sirkuit Losail terbentang sepanjang 5,380 km dengan lebar 12 m. Untuk trek lurus terpanjang, berukuran 1068 m. Sirkuit Losail tentu akan memberi tantangan tersendiri untuk para pembalap.

4. Sirkuit Losail Dikelilingi Rumput Buatan

Sirkuit Losail (Foto: MotoGP)

Sirkuit Losail dikelilingi oleh rumput buatan. Kenapa rumput buatan ada di Sirkuit Losail? Jawabannya sederhana, yaitu demi kebersihan lintasan.

Rumput buatan itu bertugas untuk mencegah pasir dari gurun sekitar sirkuit masuk ke lintasan. Sebab, sangat berbahaya jika ada pasir di lintasan saat para pembalap memacu motornya dengan kecepatan tinggi.

3. Sirkuit Losail yang Pertama Gelar Balapan Malam Hari

Sirkuit Losail (Foto: MotoGP)

Sirkuit Losail mulai menjadi tuan rumah balapan MotoGP sejak 2004 silam. Pada 2004 hingga 2007, balapan digelar pada siang hari saat suhu bisa mencapai 45,5 derajat celcius.

Akhirnya, pada 2008, Sirkuit Losail menggelar balapan pada malam hari demi kenyamanan para pembalap. Sirkuit Losail pun mencetak sejarah sebagai yang pertama menggelar balapan MotoGP pada malam hari.

2. Sirkuit Losail Diterangi 3.600 Bola Lampu

Sirkuit Losail (Foto: MotoGP)

Untuk menyelenggarakan balapan pada malam hari, Sirkuit Losail butuh pencahayaan yang memadai. Oleh sebab itu, sebanyak 3.600 bola lampu dipasang sepanjang Sirkuit Losail.

Kapasitas pencahayaan Sirkuit Losail sungguh luar biasa. Bagaimana tidak, pencahayaan Sirkuit Losail setara untuk menyinari 70 lapangan sepakbola.

1. Sirkuit Losail Kekuasaannya Valentino Rossi dan Casey Stoner

Valentino Rossi vs Casey Stoner (Foto: Istimewa)

Sirkuit Losail sudah menggelar balapan MotoGP sejak 2004. Siapa pembalap yang paling sering menang di sana? Jawabannya adalah Valentino Rossi dan Casey Stoner dengan koleksi empat kemenangan. Di bawah mereka, ada Jorge Lorenzo yang meraih tiga kemenangan di Sirkuit Losail.

Sayang, ketiga pembalap itu sudah pensiun. Untuk pembalap yang masih aktif, Maverick Vinales (Aprilia Racing Team) dan Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF) paling sering menang di Sirkuit Losail dengan sama-sama mengoleksi dua kemenangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini