Share

Tingkatan sabuk Muay Thai yang Harus Anda Tahu

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 19 Februari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 43 2549509 tingkatan-sabuk-muay-thai-yang-harus-anda-tahu-pjCp8MqTDA.png Tingkatan sabuk Muay Thai. (Foto: Instagram/rodtang_jimungon)

TINGAKATAN sabuk Muay Thai akan dibahas pada artikel kali ini. Muay Thai atau tinjunya Thailand adalah sebuah seni bela diri yang berasal dari negara Thailand. Dulunya, seni bela diri ini dilakukan di lingkungan kerajaan Thailand.

Muay Thai didominasi oleh gerakan memukul dan juga menendang. Sekilas Muay Thai tidak jauh berbeda dengan Kickboxing. Untuk mengetahui perbedaannya, anda bisa membaca artikel Perbedaan Muay Thai dengan Kickboxing. Berbicara menganai tingkatan sabuk pada seni bela diri Muay Thai agaknya sedikit asing.

Muay Thai

Sistem tingkatan sabuk pada seni bela diri telah ditetapkan sejak ratusan tahun yang lalu. Dulunya, praktisi seni bela diri menggunakan sertifikat untuk murid yang telah mencapai level tertentu. Namun, abad ke 20, seseorang bernama Jigoro Kano yang merupakan pendiri Judo memutuskan untuk menggunakan sistem sabuk sebagai pengenal level ilmu yang dimiliki.

Tingkatan Sabuk Muay Thai

Mengutip dari laman wayofmartialarts, Muay Thai tradisional tidak memiliki sistem ranking yang berarti tidak ada tingkatan sabuk didalamnya. Para praktisi Muay Thai menggunakan armban tradisional, namun bukan sebagai sibuk tingkatan atau level yang mereka kuasai.

Tingkatan atau level yang digunakan seorang praktisi Muay Thai berdasrkan pengalaman dan pencapaian mereka dalam pertandingan Muay Thai.

Namun, hal ini berbeda dengan Muay Thai yang berkembang di luar Thailand. Di luar Thailand, sekolah seni bela diri biasanya mengkombinasikan dengan sistem tingkatan sabuk dengan seni bela diri oriental lainnya.

Armband yang digunakan untuk membedakan tingkatan level pemain Muay Thai dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pemula atau beginner memiliki tiga warna, mulai dari putih, kuning, dan yang terakhir oren.

Muay Thai

Setelah itu, jika mereka mampu meningkatkan kemampuan hingga level advanced atau tingkat lanjutan, maka mereka akan mendapatan enam warna, mulai dari hijau, biru, ungu, merah, coklat, dan terakhir hitam. Sedangakan untuk level senior, menggunakan kombinasi warna hitam dengan warna lainnya untuk menandakan bahwa mereka adalah instruktur.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Tingkatan Sabuk Muay Thai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini