Share

6 Macam Tendangan Taekwondo

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 43 2547448 6-macam-tendangan-taekwondo-fCOKRQJmiC.jpg Berikut enam macam tendangan taekwondo (Foto: Istimewa)

TENDANGAN taekwondo akan dibahas Okezone dalam artikel ini. Macam-macam tendangan taekwondo harus diketahui oleh Anda yang ingin mempelajari seni bela diri asal Korea Selatan ini. Sekadar informasi, dalam bahasa Korea, tendangan itu berarti Chagi.

Sebelum mempraktikan tendangan taekwondo, Anda harus memiliki fondasi yang kuat. Melansir dari berbagai sumber, ini enam macam tendangan taekwondo:

5. Ap Chagi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan ap chagi, foto: Istimewa)

Tendangan Ap-Chagi merupakan tendangan depan menggunakan kaki depan. Cara melakukannya, pertama angkat kaki kanan dan seimbangkan tubuh. Kemudian, kaki diangkat sampai membentuk sudut sekira 100 derajat. Sasaran dalam tendangan ini adalah kepala lawan. Selanjutnya, tendang sekuat tenaga.

4. Dollyo Chagi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan dollyo chagi, foto: Istimewa)

Dollyo Chagi atau tendangan menggunakan punggung kaki. Caranya dengan angkat kaki kanan sambil tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Lalu, putar perlahan ke arah samping, yaitu dengan memutar telapak kaki 45 derajat sehingga pinggang ikut memutar. Kemudian, tendang sekuat tenaga ke arah perut ataupun kepala lawan.

4. Deol Chagi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan deol chagi, foto: Istimewa)

Deol Chagi atau tendangan mencangkul ke arah kepala menggunakan tumit. Pertama, Anda dapat mengangkat kaki dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Gerakkan kaki seperti mencangkul ke arah depan menggunakan tumit dengan mengangkat kaki setinggi tingginya. Hempaskan secara kuat seolah-olah seperti gerakan mencangkul. Tendang bagian kepala lawan.

3. Yeop Chagi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan yeop chagi, foto: Istimewa)

Yeop chagi merupakan tendangan samping menggunakan pisau kaki. Anda dapat mengakat kaki dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Badan dimiringkan sekira 45 derajat, kaki tetap seperti yang pertama. Tendangan kaki menyamping sekuat tenaga. Tujuannya adalah mendorong tubuh lawan menggunakan pisau kaki atau telapak kaki bagian samping. Sasaran tendangan ini adalah bagian perut hingga kepala.

2. Dwi Chagi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan dwi chagi, foto: Istimewa)

Dwi chagi merupakan tendangan belakang. Cara melakukannya, pertama angkat kaki ke arah belakang hingga membentuk sudut 90 derajat. Selanjutnya, tendang kuat lawan dengan menggunakan tumit kaki dan biasanya tendangan dilemparkan ke ulu hati lawan. Juga dapat dilemparkan ke wajah, tergantung pada aturan kompetisi.

1. Dwi Hurigi

Tendangan taekwondo

(Contoh tendangan dwi hurigi, foto : Istimewa)

Cara melakukan tendangan dwi hurigi dengan lompat sekuat tenaga sambil mengangkat kaki lurus sebesar 90 derajat. Sambil melompat dan mengangkat kaki, putar kaki ke arah belakang dan gerakan kaki seperti mengait. Terakhir, tendang ke arah kepala atau leher lawan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini