Share

Tingkatan Sabuk Taekwondo dan Artinya

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 43 2547266 tingkatan-sabuk-taekwondo-dan-artinya-Pc0VuO4AK3.jpg Tingkatan sabuk taekwondo. (Foto: Reuters)

TINGKATAN sabuk taekwondo dan artinya. Tingkatan sabuk taekwondo ternyata memiliki arti tersendiri. Semakin gelap warna sabuk, semakin tinggi pula kemampuan pemiliknya dalam menguasai bela diri asal Korea itu.

Tingkatan pada taekwondo juga dibedakan dari warna yang digunakan. Dalam bela diri taekwondo, sabuk paling rendah adalah warna putih. Sabuk itu diperuntukkan bagi para pemula atau geup 10.

Tingkatan Sabuk Taekwondo

Sedangkan paling tinggi derajatnya, yakni sabuk hitam dengan 8 strip putih. Ini disebut juga dengan Dan IX.

BACA JUGA: Indonesia Dulang Satu Medali Emas di Kejuaraan Dunia Taekwondo

BACA JUGA: Jan Ethes Raih Medali Emas Taekwondo, Gibran Rakabuming: Lumayan

Sabuk Taekwondo Putih

Sabuk tingkatan paling dasar adalah berwarna putih. Artinya, warna putih melambangkan kesucian dan permulaan. Tak heran, bagi mereka yang baru bergabung, maka akan mendapatkan sabuk putih dan masih mempelajari teknik dasar taekwondo.

Sabuk Taekwondo Kuning

Arti dari sabuk warna kuning pada tingkatan kedua adalah bumi sebagai tempat menanam. Maksudnya adalah tingkatan satu tingkat di atas sabuk putih merupakan momen mempelajari dasar-dasar jurus. Jika berlanjut ke tingkat berikutnya, sabuk kuning akan diberikan strip berwarna hijau atau Geup 8.

Sabuk Taekwondo Hijau

Hijau dalam filosofi taekwondo adalah melambangkan pepohonan. Dalam tahapan ini, mulai ditumbuhkembangkan jurus taeguk 2. Saat baru naik dari sabuk kuning, ia akan mengenakan sabuk hijau polos. Jika naik ke tingkat selanjutnya, mereka akan mengenakan sabuk hijau strip biru atau Geup 6.

Sabuk Taekwondo Biru

Taekwondoin yang telah menyandang sabuk biru memiliki kekuatan, baik fisik maupun mental, yang mulai stabil. Arti warna biru pada sabuk taekwondo melambangkan langit yang terbentang luas dan tak terukur tingginya serta menggambarkan bibit (taekwondoin) yang terus tumbuh.

Saat baru naik dari Geup 6, taekwondoin akan mengenakan sabuk biru polos Geup 5. Sementara itu, ketika akan beralih ke urutan sabuk taekwondo berikutnya, ia akan terlebih dahulu mengenakan sabuk biru strip merah atau Geup 4.

Sabuk Taekwondo Merah

Adapun bagi taekwondoin dengan sabuk berwarna merah, Anda harus mengendalikan kekuatan  agar tidak membahayakan orang lain. Mengingat teknik, ilmu dan kemampuan fisiknya terus meningkat. Sementara warna merah sendiri melambangkan matahari.

Ketika baru naik dari Geup 4 atau sabuk biru, taekwondoin akan mengenakan sabuk merah polos (Geup 3). Lalu sebelum beralih ke urutan sabuk taekwondo berikutnya, ia akan terlebih dahulu mengenakan sabuk merah dengan satu strip hitam (Geup 2) kemudian meningkat lagi ke sabuk merah dengan dua strip hitam (Geup 1).

Sabuk Taekwondo Hitam

Tingkatan selanjutnya dalam taekwondo adalah sabuk hitam. Warna hitam itu melambangkan bayangan yang menyelimuti matahari, sekaligus menggambarkan akhir, kedalaman, kematangan dalam berlatih teknik-teknik taekwondo.

Dalam tahap ini, seorang taekwondoin harus sudah bisa mengontrol diri dan berpikir untuk menabur kebaikan serta melahirkan generasi taekwondoin baru.

Bagi taekwondoin yang telah mengenakan sabuk hitam, tidak lagi disebut Geup, namun mendapatkan panggilan DAN. DAN juga memiliki beberapa tingkatan yang dilambangkan dengan banyaknya strip berwarna putih pada sabuk hitam itu.

DAN I (Il DAN): sabuk hitam polos

DAN II (Yi DAN): sabuk hitam dengan 1 strip putih

DAN III (Sam DAN): sabuk hitam dengan 2 strip putih

DAN IV (Sa DAN): sabuk hitam dengan 3 strip putih

DAN V (Oh DAN): sabuk hitam dengan 4 strip putih

DAN VI (Yuk DAN): sabuk hitam dengan 5 strip putih

DAN VII (Chil DAN): sabuk hitam dengan 6 strip putih

DAN VIII (Pal DAN): sabuk hitam dengan 7 strip putih

DAN IX (Gu DAN): sabuk hitam dengan 8 strip putih.

Pemilik DAN I sampai DAN V disebut sebagai Yudanja (Master), sedangkan DAN VI sampai DAN IX disebut sebagai Kudanja (Grand Master).

Di atas DAN IX, masih ada level DAN X. Gelar ini tercermin bukan dalam sabuk taekwondo, melainkan berbentuk sertifikat yang dikeluarkan oleh Kukkiwon sebagai organisasi yang menerbitkan Sertifikat DAN.

Berdasarkan Kukiwon, Dan X hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pengembangan taekwondo di dunia, seperti Haeng Ung Lee (pendiri Asosiasi Taekwondo Amerika) dan Un Yong Kim (mantan presiden Federasi Taekwondo Dunia).

Itulah tingkatan sabuk taekwondo dan artinya. Jadi semakin tahu tingkatan dalam taekwondo ya, Okezoners.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini