Share

Valentino Rossi Pensiun, Lin Jarvis Ungkap Betapa Pentingnya The Doctor untuk Yamaha

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 38 2529263 valentino-rossi-pensiun-lin-jarvis-ungkap-betapa-pentingnya-the-doctor-untuk-yamaha-unRQSqGwzx.jpg Lin Jarvis bersama Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

JEREZ - Valentino Rossi telah memutuskan pensiun di akhir MotoGP 2021. Semua pihak merasa kehilangan, termasuk Yamaha karena seperti yang dikatakan Managing Director tim tersebut, yakni Lin Jarvis, jasa The Doctor untuk tim pabrikan asal Jepang itu sangatlah besar.

Rossi bergabung dengan Yamaha pada 2004, usai menjadi juara dunia dua musim beruntun. Keputusan itu diambil usia Repsol Honda menilai kesuksesan pembalap berkat motornya tampil kompetitif.

Namun, keputusan Rossi gabung dengan Yamaha menuai banyak kritikan. Pasalnya Yamaha sedang terpuruk, dan sempat meninggalkan MotoGP akibat tak meraih kemenangan.

Baca Juga: Menangi Reli Dakar, Valentino Rossi dan Marc Marquez Beri Ucapan Selamat kepada Danilo Petrucci

Fakta menarik Valentino Rossi

Tetapi dengan bergabungnya Rossi ke Yamaha menjadi titik balik tim berlambang garpu tala tersebut. Pasalnya sejak 2004-2010, pembalap asal Italia itu berhasil menjadi juara dunia empat kali.

Jarvis pun mengatakan Rossi adalah ikon dari MotoGP, dan membantu Yamaha kembali meraih kemenangan. Ia pun mengaku timnya berhutang banyak kepada Rossi karena telah melakukan pekerjaan luar biasa bersama mereka.

“Adapun orang lain, akhir dari era yang mulia. Ini adalah salah satu ikon olahraga yang unik, tetapi untuk setiap ikon, akhir kariernya pasti akan datang. Dia adalah orang yang membuat kami menang lagi di MotoGP," kata Jarvis dilansir Motosan, Minggu (9/1/2022).

“Dia memberi kami kepercayaan diri sebagai pabrikan dan sebagai merek bahwa kami bisa menang. Jadi kami berhutang banyak padanya. Seperti yang telah kami katakan, ini adalah perjalanan yang luar biasa," ucapnya.

Meski sempat meninggalkan Yamaha dan bergabung dengan Ducati pada 2011-2012, Rossi tampak kesulitan saat mengendarai Ducati Desmosedici. Namun Rossi memutuskan untuk kembali ke Yamaha dan menyudahi kareirnya bersama tim yang telah membesarkan namanya.

Kendati begitu, Rossi tidak pensiun di tim pabrikan Yamaha. Sebab di MotoGP 2021, Rossi dipindahkan ke tim satelit Yamaha, yakni Petronas Yamaha SRT karena ia kalah saing dengan Fabio Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini