Share

Dapat Lampu Hijau, Kompetisi IBL 2022 Boleh Dihadiri Penonton

Rio Eristiawan, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 05:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 36 2528594 dapat-lampu-hijau-kompetisi-ibl-2022-boleh-dihadiri-penonton-IRiQHgxPU8.jpg Persiapan jelang IBL 2022. (Foto: Faisal Rahman/MPI)

JAKARTA - Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2022 dipastikan boleh dihadiri penonton secara langsung. Sebab menurut Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, pihaknya sudah mengantongi izin dari pemerintah untuk melaksanakan kompetisi dengan adanya penonton tapi dengan jumlah terbatas.

Ajang tertinggi kompetisi bola basket Indonesia, akan kembali digelar dengan format berbeda dan seri pertama akan digelar di Jakarta pada 15 Januari 2022 mendatang. Musim lalu, IBL tidak bisa dihadiri oleh penonton akibat tingginya kasus Covid-19.

Namun musim ini, IBL akan kembali digelar dan dapat dihadiri oleh penonton di arena. Hal itu diungkapkan oleh Junas yang mengatakan kalau IBL 2022 telah mendapatkan izin pemerintah daerah serta kepolisian.

Baca Juga:ย Pemain IBL Terlibat Pengaturan Skor, Perbasi: Tak Ada Ampun

Jelang IBL 2022 (Foto: Faisal Rahman/MPI)

โ€œKami sudah mendapat izin untuk mendatangkan penonton namun dengan protokol. Nanti akan ada pertemuan lagi tanggal 7 Januari di Hall Basket Senayan bersama seluruh pihak termasuk BNPB, Kepolisian RI, pemerintah daerah untuk finalisasi akhir terkait penonton,โ€ kata Junas kepada awak media dalam acara prescon Titel season IBL 2022, Kamis (6/1/2022).

Lebih lanjut, Junas menjelaskan persyaratan penonton yang bisa menyaksikan pertandingan IBL sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dan melakukan swab antigen. Sedangkan untuk pembelian tiket hanya dapat dilakukan secara online dan tidak adanya pembelian tiket ditempat.

"Persyaratan harus sudah melakukan vaksin dan sebelum masuk harus melakukan antigen. Pembelian tike dilakukan secara online, beli ditempat tidak bisa," ucapnya.

Junas tidak menargetkan penonton bisa memadati tempat pertandingan, karena masih adanya kasus kenaikan Covid-19. Ia menjelaskan kehadiran penonton disetiap kota berbeda-beda.

โ€œBuat kami untuk target tahun 2022 bukan untuk memenuhi GOR karena kami tahu situasi pandemi belum selesai apalagi hari ini Jakarta masih ada kenaikan kasus Covid-19,โ€ ujarnya.

"Untuk di Jakarta kisara15-20 persen penonton bisa hadir. Jogja leboh tinggi, sedangkan Bali 50 persen karena kapasitas lebih kecil," sambungnya.

Musim ini, IBL bakal diselenggarakan dalam enam seri di enam kota berbeda. Seri pertama berlangsung di Jakarta pada 15-22 Januari, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta pada 10-16 Februari, Solo 3-9 Maret, Surabaya 13-19 Maret, dan Denpasar 24-30 Maret.

Jelang IBL 2022 (Foto: Faisal Rahman/MPI)

Terlebih adanya peningkatan jumlah tim yang sebelumnya 12 tim kini menjadi 16 tim. Keempat tim baru tersebut adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, Evos Basketball Bogor, RANS PIK Basketball dan Tangerang Hawks.

Tentunya tambahan tim membuat persaingan IBL 2022 semakin menarik. Kini ada tim-tim baru yang bisa saja membuat gebrakan di kompetisi basket terbesar di Tanah Air tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini