Share

Rahmat Erwin Abdullah Raih 2 Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021, tapi Bendera Merah Putih Tak Berkibar

Cikal Bintang, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 43 2515313 rahmat-erwin-abdullah-raih-2-emas-di-kejuaraan-dunia-angkat-besi-2021-tapi-bendera-merah-putih-tak-berkibar-Af3yQ9e4BI.jpg Rahmat Erwin Abdullah rebut dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. (Foto: PABSI)

RAHMAT Erwin Abdullah kembali mengharumkan nama Indonesia di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg. Tak tanggung-tanggung, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini mendapatkan dua medali emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 sekaligus, yakni di angkatan clean & jerk dan total angkatan.

Sayangnya, kesuksesan Rahmat Erwin Abdullah dalam turnamen yang digelar di di Tashkent, Uzbezkistan pada Jumat (10/12/2021) malam WIB, diwarnai sedikit noda, yakni tak berkibarnya bendera merah putih di podium.

Rahmat Erwin Abdullah

(Rahmat Erwin rebut dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. (Foto: PABSI)

Sebagaimana diketahui, Indonesia masih dalam sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) yang melarang Sang Saka Merah Putih tak bisa berkibar di seluruh ajang olahraga. Meski bendera tak berkibar, lagu Indonesia Raya tetap bisa dikumandangkan oleh Erwin dan timnya. Sebab, sanksi WADA bagi Indonesia tak berlaku untuk lagu nasional.

Tampil di kelas 73 kilogram (kg), Rahmat Erwin Abdullah berhasil mencatatkan hasil apik pada angkatan Clean & Jerk. Namun, ia gagal merebut medali di angkatan Snatch. Pada angkatan Clean & Jerk, Erwin berhasil mencatatkan angkatan seberat 192 kg dan mengantar ke medali emas pertamanya.

Erwin berhasil mengungguli lifter Albania, Calja Briken (186Kg), dan lifter Korea Selatan, Jeong Hanson(181Kg). Sementara itu, medali emas keduanya diraih dari total angkatan snatch serta Clean & Jerk usai mengangkat seberat 343 kg.

BACA JUGA: Usai Perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah Segel Emas di PON XX Papua 2021

Pelatih Rahmat Erwin Abdullah, Dirja Wihardja, mengatakan Rahmat Erwin Abdullah berhasil meningkatkan performanya dibanding saat berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020. Seperti diketahui, saat itu Erwin berhasil menyabet medali perunggu dengan total angkatan 342Kg (150Kg Snatch serta 190Kg di Clean & Jerk).

"Total Angkatan yang diraih Rahmat Erwin Abdullah mengalami peningkatan 1Kg dari Olimpiade Tokyo 2020 lalu,โ€ ucap Dirja dalam rilis resmi Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Sabtu (11/12/2021).

Rahmat Erwin Abdullah

(Rahmat Erwin (kanan) bersama sang ayah yang sekaligus pelatihnya. (Foto: NOC Indonesia)

Di sisi lain, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PABSI, Hadi Wihardja menuturkan Rahmat Erwin Abdullah berhasil menerapkan strategi yang diinginkan sang pelatih. Selain itu, sang ayah yang mengawal langsung juga menjadi faktor tersendiri bagi kesuksesan Erwin.

"Dengan penerapan strategi yang mumpuni tim pelatih yang juga ia dikawal oleh Ayahnya sendiri, Erwin Abdullah berhasil membawa anaknya menjadi juara Dunia,โ€ kata Hadi.

โ€œSehingga tahun ini komplet indonesia memiliki dua juara dunia di dua kategori Junior Rizky Juniasyah dan di senior Rahmat Erwin Abdullah," lanjutnya.

Tentu harapannya prestasi Rahmat Erwin Abdullah tak sampai di sini. Gelar demi gelar diharapkan terus disabet Rahmat Erwin Abdullah, terutama medali emas di Olimpiade Paris 2024.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini