Jonatan Christie Dukung Keputusan PBSI untuk Tak Ikut Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 40 2514446 jonatan-christie-dukung-keputusan-pbsi-untuk-tak-ikut-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-DfqxIBPScs.jpg Jonatan Christie. (Foto: Humas PP PBSI)

JAKARTA โ€“ Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mendukung keputusan PBSI yang tak mengirim atlet ke Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 yang akan dihelat di Spanyol pada 12-19 Desember 2021. Jonatan menilai pilihan itu sudah tepat karena demi keselamatan dan kesehatan para atlet.

Seperti yang diketahui, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah memutuskan tidak mengirim pemain yang tergabung dalam Pelatnas Cipayung untuk berlaga di BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021.

Keputusan tersebut pun disampaikan langsung oleh Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna pada Rabu 8 Desember 2021. Dia mengatakan bahwa penyebaran yang cepat dari varian baru virus Covid-19, yakni Omicron, di Eropa menjadi alasan utama mengapa para pemain tidak jadi diberangkatkan ke Negeri Matador.

Baca Juga:ย Disebut Mata Duitan Usai Sampaikan Kritik soal Bonus, Jonatan Christie: Salah Besar!

Jonatan Christie (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

Kendati mengaku sudah dalam masa persiapan, Jojo โ€“sapaan Jonatan- mendukung keputusan yang dibuat oleh PBSI itu. Menurutnya, itu adalah keputusan yang tepat karena varian baru dari virus yang berasal dari Wuhan, China itu jauh lebih berbahaya daripada varian-varian sebelumnya.

"Kami sebenarnya sedang dalam persiapan, tapi memang meningkatnya kasus baru Covid-19 ini baru terjadi beberapa hari belakangan. Jadi menurut saya ini keputusan yang tepat karena setahu saya varian baru ini menyebar sangat cepat bahkan orang yang sudah ada antibodinya pun bisa terpapar," kata Jojo dikutip dari rilis PBSI, Kamis (9/12/2021).

Ditambah lagi, keputusan itu sesuai dengan petunjuk dari Presiden Joko Widodo yang memberikan arahan ketika berkunjung ke Indonesia Badminton Festival 2021, di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu. Saat itu, Jokowi berpesan agar para pemain tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama pandemi covid-19 yang masih belum selesai meneror dunia.

Untuk itu, para pemain wajib berlapang dada menerima keputusan tersebut. Mereka harus taat pada peraturan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk menjadi perantara Omicron masuk ke Tanah Air.

Menariknya, selain pemain yang tergabung di Pelatnas, Tommy Sugiarto yang ikut berkompetisi secara mandiri juga mengundurkan diri dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Akan tetapi, masih ada pasangan ganda campuran yang dikirim oleh PB Djarum yang akan berlaga di sana, yakni Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

Jonatan Christie (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

Awalnya pihak Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merasa kecewa dengan PBSI karena mundur secara tiba-tiba, apalagi drawing telah dilakukan. Namun sekali lagi kesehatan dan keselamatan para pemain tetap menjadi prioritas utama sehingga PBSI tidak goyah dengan kekecewaan yang dilontarkan oleh BWF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini