Share

Gara-Gara Kekurangan Marshal di Sirkuit Mandalika, Balapan Asia Talent Cup 2021 Batal Digelar

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 14 November 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 38 2501601 gara-gara-kekurangan-marshal-di-sirkuit-mandalika-balapan-asia-talent-cup-2021-batal-digelar-wGXvHafvaI.jpg Balapan Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika ditunda karena kekurangan marshal. (Foto: Laman resmi Asia Talent Cup)

MANDALIKA - Kabar kurang mengenakan datang dari di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), di mana dua balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dipastikan batal digelar. Balapan dibatalkan karena Sirkuit Mandalika tak bisa memenuhi syarat minimal marshal yang bertugas di setiap pos sebagai bentuk pengamanan.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang IATC 2021. Balapan ini akan berlangsung pada 12-14 November 2021.

Sesi kualifikasi sendiri sudah berlangsung pada Sabtu 13 November 2021. Tetapi, dua balapan yang seharusnya diadakan pada hari Minggu tak bisa diselenggarakan sesuai rencana.

Hasil Kualifikasi Asia Talent Cup Mandalika 2021: 3 Rider Indonesia Tembus 10 Besar

Balapan Asia Talent Cup 2021 batal digelar di Sirkuit Mandalika

Seharusnya, balapan pertama IATC Mandalika 2021 berlangsung pada pukul 11:00 WIB. Sedangkan balapan kedua dijadwalkan mulai berjalan pada pukul 15:00 WIB.

Sayang, balapan pertama kemudian harus dibatalkan. Hal itu menyusul minimnya marshal atau petugas lintasan yang tersedia. Awalnya balapan kedua sempat diharapkan dapat diadakan, namun masalah serupa juga menghadang.

Menurut peraturan FIM, seharusnya terdapat setidaknya ada delapan orang marshal di setiap pos. Namun, hal tersebut tidak bisa dipenuhi oleh pihak Sirkuit Mandalika.

Balapan Asia Talent Cup 2021 batal digelar di Sirkuit Mandalika

Padahal, setiap pembalap yang ikut telah masuk ke lintasan dan bersiap untuk memulai balapan. Namun, mereka kemudian terpaksa masuk, karena minimnya petugas yang ada di lintasan.

Keberadaan marshal sendiri sangat penting untuk menjamin keselamatan pembalap. Setiap pos diwajibkan terdapat tim medis dan petugas lain, jika terjadi hal tak diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini