Masih Ingat Li Yongbo si Pelatih Kepala Bulu Tangkis China yang Legendaris? Begini Kehidupannya Sekarang

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 40 2491771 masih-ingat-li-yongbo-si-pelatih-kepala-bulu-tangkis-china-yang-legendaris-begini-kehidupannya-sekarang-GbqOc7W8hf.jpg Li Yongbo (kiri) bersama Chen Long setelah memenangkan medali emas Olimpiade 2016 nomor tunggal putra. (Foto: REUTERS/Marcelo del Pozo)

SOSOK Li Yongbo begitu tenar di mata pencinta bulu tangkis Indonesia di era 2000-an. Sorot mata pria yang akrab memakai topi ini begitu tajam saat mendampingi para pemain China bertanding, entah itu di single turnamen atau turnamen beregu seperti Piala Thomas dan Uber atau Piala Sudirman.

Li Yongbo selama dua dekade lebih menjabat sebagai pelatih kepala tim bulu tangkis China. Sederet pebulu tangkis ternama lahir di masa jabatan pria yang kini berusia 59 tahun tersebut.

Lin Dan

(Lin Dan, salah satu pebulu tangkis China yang diorbitkan Li Yongbo)

Beberapa nama di antaranya Lin Dan, Cai Yun, Fu Haifeng, Chen Jin, Chen Long, Zhang Nan, Xie Xingfang, Zhao Yunlei dan banyak lagi. Sederet prestasi didapatkan tim bulu tangkis China ketika dikepalai Li Yongbo.

Pria yang sewaktu aktif bermain mentas di nomor ganda putra ini, tercatat membawa pemain-pemain China memenangkan 18 emas medali emas Olimpiade. Bahkan di Olimpiade London 2012, China menyapu bersih lima medali emas yang diperebutkan!

Kala itu, Lin Dan menjadi yang terbaik di nomor tunggal putra, Li Xuerui (tunggal putri), Cai Yun/Fu Haifeng (ganda putra), Tian Qing/Zhao Yunlei (ganda putri) dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (China).

BACA JUGA: Hasil Lengkap Final Denmark Open 2021: Boyong Tiga Gelar, Jepang Juara Umum

Tak hanya di Olimpiade, Li Yongbo juga mengantarkan tim bulu tangkis China memenangkan 5 trofi Piala Thomas dan 9 gelar Piala Uber. Hal itu menunjukkan Li Yongbo bukanlah pelatih kacangan.

Namun, pada akhirnya Li Yongbo lelah mengelola tim sebesar China dan memutuskan mundur pada 2018. Kemudian, Li Yongbo mencoba peruntungan baru. Mengutip dari New Straits Times, Li Yongbo kini memiliki bisnis durian jenis Musang King, dan usaha tersebut dirintis sejak 2018.

Li Yongbo

(Li Yongbo, kini menggeluti bisnis durian. (Foto: Instagram/@durianvalley)

Akan tetapi, ia tak membangun usahanya ini di China, melainkan di Malaysia, tepatnya di Kota Kelantan. Li Yongbo tak menyangka kini terjun di dunia yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

“Saya tak pernah menyangka mendirikan kebun durian di tengah hutan. Tapi, dari yang saya lihat, semuanya terencana, tertata dan sistematis,” kata Li Yongbo mengutip dari New Straits Times.

Meski begitu, Li Yongbo tak sepenuhnya meninggalkan dunia bulu tangkis. Medio Desember 2020, ia membuka klub bulu tangkis yang diberi nama Li Yongbo International Badminton Club.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini