PON XX Papua 2021 Lahirkan Sederet Atlet Berprestasi untuk Tingkat Nasional, Siapa Saja?

Bima Setiyadi, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 43 2481630 pon-xx-papua-2021-lahirkan-sederet-atlet-berprestasi-untuk-tingkat-nasional-siapa-saja-K9lnwuSxbL.jpg Penampilan Desak Made Rita Kusuma Dewi di PON XX Papua 2021. (Foto: PON XX Papua 2021)

JAKARTA – Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) turut berperan penting dalam mencetak atlet-atlet bertalenta di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, sendiri menilai bahwa PON XX Papua 2021 adalah ajang bagi atlet-atlet muda untuk menujukkan prestasi yang terbaik.

Sementara untuk atlet senior, mereka bisa memanfaatkan penampilannya di PON XX Papua untuk menjaga performa. PON sendiri menurut Zainudin Amali merupakan ajang kompetisi nasional yang diharapkan bisa melahirkan atlet muda berprestasi.

"Saya akan datang ke cabor untuk melihat pertandingan, khususnya pertandingan cabor yang masuk dalam DBON,” kata Menpora Amali, dilansir dari lama resmi kemenpora.go.id.

BACA JUGA: 3 Atlet Paling Tarik Perhatian di PON XX Papua 2021, Nomor 1 Miliki Paras Cantik

“Saya ingin PON ini digunakan sebagai wadah pembinaan dan pembibitan atlet-atlet muda Indonesia. Dari sini mereka harus bisa melahirkan prestasi agar bisa masuk menjadi atlet pelatnas," lanjutnya.

BACA JUGA: Keren! Bek Muda Persija Jakarta Raih 2 Medali di PON XX Papua 2021 dari Cabor Muaythai

Lalu, siapa saja atlet provinsi yang berpotensi ke tingkat nasional dalam PON XX ini? Mari menilik beberapa nama atlet tersebut yang berasal dari berbagai provinsi.

Rifda Irfanaluthfi

Kontingen provinsi DKI Jakarta sendiri diketahui untuk sementara memimpin klasemen medali PON XX Papua 2021. Tercatat hingga Selasa (5/10/2021) pukul 12.05 WIB, kontingen Ibu Kota mantap di puncak klasemen perolehan medali PON 2021.

Rifda Irfanaluthfi. Foto: PON XX Papua 2021

DKI Jakarta menempati posisi teratas klasemen sementara PON XX Papua dengan torehan 39 medali emas, 27 perak, dan 32 perunggu. Salah satu atlet penyumbang emas terbanyak didapat dari cabang senam artistik putri.

Di cabor ini, DKI Jakarta diperkuat oleh Rifda Irfanaluthfi. Rifda Irfanaluthfi meraih empat medali emas yang didapat dari nomor beregu, serbabisa perorangan putri, meja lompat, dan senam lantai.

Raharjati Nursyamsa

Selain itu, Jawa Barat sebagai provinsi kedua dalam klasemen perolehan medali PON XX itu memiliki salah satu atlet yang memecahkan rekor dunia. Dia adalah Raharjati Nursyamsa.

Atlet panjat tebing itu menorehkan catatan waktu lebih baik dari rekor dunia nomor Speed World Record Perorangan Putra pada seminifal PON XX Papua. Tak ayal, namanya bisa melesat ke tingkat nasional.

Abiyu Rafi

Tuan rumah Papua juga melahirkan beberapa atlet muda yang bisa menorehkan medali emas. Buktinya, hingga Selasa (5/10/2021), Papua berhasil duduk di peringkat ketiga dengan koleksi 32 medali emas.

Abiyu Rafi. Foto: PON XX Papua 2021

Salah satu medali emas Papua didapat dari cabang senam artistik. Abiyu Rafi (19 tahun) berhasil meraih skor tertinggi di nomor senam lantai dan menambah pundi-pundi medali emas untuk provinsi Papua.

Alisya Mellynar

Kemudian, provinsi Jawa Timur yang menduduki posisi keempat pada klasemen perolehan medali PON XX dengan 26 medali emas memiliki atlet yang berpotensi ke tingkat nasional. Adalah Alisya Mellynar yang membuat kejutan bagi tim wushu Jawa Timur dengan mempersembahkan medali emas nomor taolu kombinasi taiji quan/taiji jian PON XX Papua.

Alisya yang termasuk pendatang baru itu mengumpulkan nilai tertinggi 9.68 di nomor taiji tangan kosong hari ini yang diakumulasikan dengan skor 9.67, yang ia raih di nomor taiji pedang pada hari sebelumnya demi memboyong emas kedua bagi Jatim di cabang wushu.

Desak Made Rita Kusuma Dewi

Provinsi Bali yang berada dalam poisi kelima pada klasemen raihan medali PON XX dengan 11 emas juga memiliki atlet yang mengejutkan. Atlet panjat tebing, Desak Made Rita Kusuma Dewi, membuktikan diri bahwa penyintas Covid-19 tetap bisa berprestasi dan menerima medali emas kejuaraan PON XX Papua untuk nomor speed world record perorangan putri

Tentunya, deretan nama atlet berprestasi ini bisa terus bertambah mengingat ajang PON XX Papua 2021 masih akan terus bergulir ke beberapa hari mendatang. Aksi fantastis nan mengagumkan ini pun siap ditunjukkan para wakil tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini