PON XX Papua 2021, Pemanah Diananda Choirunisa Sabet Medali Emas untuk Jawa Timur

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 43 2481230 pon-xx-papua-2021-pemanah-diananda-choirunisa-sabet-medali-emas-untuk-jawa-timur-OFtixIjkLX.jpg Diananda Choirunisa saat tampil di PON XX Papua 2021. (Foto: PON XX Papua 2021)

JAYAPURA – Pemanah dari Jawa Timur, Diananda Choirunisa, sukses menyabet medali emas untuk di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Medali itu didapat Diananda kala berlaga di nomor recurve individu putri.

Pada partai final, Diananda sukses menyuguhkan penampilan apik. Dia pun mengalahkan wakil tuan rumah, yaitu Rezza Octavia, dengan skor 6-5. Kemenangan ini semakin membuktikan peraih perak Asian Games 2018 itu adalah pemanah terbaik Tanah Air.

Diananda Choirunisa. Foto: PON XX Papua 2021

Tidak bisa dipungkiri bahwa perempuan kelahiran Surabaya itu memang merupakan atlet panahan yang memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Ia pernah bertanding di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dan sudah beberapa kali meraih prestasi di tingkat internaisonal.

BACA JUGA: Klasemen Perolehan Medali PON XX Papua 2021 hingga Senin 4 Oktober Pukul 19.00 WIB: DKI Jakarta Masih Kuasai Posisi Puncak, Tuan Rumah di Urutan Kedua

Tak ayal, pelatih tim panahan Papua, Wiriawan mengakui kehebatan Diananda. Menurutnya, Diananda merupakan atlet yang sarat di berbagai pertandingan dibandingkan dengan anak asuhnya yaitu Rezza.

BACA JUGA: Jatuh saat Bertanding di PON XX Papua 2021, Atlet Gantole Sumbar Khaidir Anas Jalani Perawatan Intensif

“Srikandi panahan putri Papua Rezza hanya mampu mempersembahkan medali perak bagi kontingen Papua. Atlet kita tidak mampu menandingi Diananda yang sarat akan pengalaman di berbagai turnamen dibandingkan dengan Rezza,” tutur Wiriawan seperti dikutip dari laman resmi PON XX Papua, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut, Wiriawan memberikan apresiasi kepada Rezza yang telah berusaha dan berjuang dengan maksimal. Meskipun tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan targetnya. Ia pun merasa bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh masyarakat Papua.

“Memang faktor keberuntungan belum dapat namun, soal fighting Diananda cukup besar. Kita bangga punya Rezza,” katanya.

"Tapi ingat bahwa masih ada kejuaraan lain yang kita akan upaya untuk dapat menyumbang medali. Secara pribadi dan tim  saya mengharapkan dukungan masyarakat dan tetap berdoa agar timnya dapat mempersembahkan medali emas bagi Papua,” jelasnya.

Kini, Jawa Timur pun sudah mengemas 20 emas, 23 perak, 19 perunggu. Alhasil, Jawa Timur bertengger di posisi keempat pada klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini