Indonesia Kalah di Perempatfinal Piala Sudirman 2021, Rionny Mainaky Akui Kehebatan Malaysia

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 40 2480408 indonesia-kalah-di-perempatfinal-piala-sudirman-2021-rionny-mainaky-akui-kehebatan-malaysia-qb1mb1306q.jpg Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya beraksi di Piala Sudirman 2021. (Foto/Badminton Photo)

VANTAA – Tim bulu tangkis Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia di perempatfinal Piala Sudirman 2021. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky, mengakui kehebatan ganda putra negeri jiran, Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Di ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya diharapkan bisa memberi poin untuk tim bulu tangkis Indonesia. Akan tetapi, pasangan berjuluk The Minions itu dibuat takluk dari Aaron/Soh dalam dua gim langsung dengan skor 12-21, 15-21.

Foto/Badminton Photo

Kekalahan ini terasa menyakitkan. Tak hanya gagal membalaskan kekalahan menyakitkan di Olimpiade Tokyo 2020, kekalahan Marcus/Kevin juga membuat tim bulu tangkis Indonesia tertinggal 0-1 lawan Aaron/Soh.

Baca juga: Hasil Semifinal Piala Sudirman 2021: Bungkam Korea Selatan, China Melaju ke Final

Menanggapi soal kekalahan Marcus/Kevin, Rionny mengakui Aaron/Soh tampil dengan penuh percaya diri. Menurut pelatih tunggal putri tersebut penampilan Marcus/Kevin tidak keluar sehingga strategi yang sudah direncanakan sebelumnya gagal berkembang.

Baca juga: Gagal Bawa Indonesia ke Semifinal Piala Sudirman 2021, Praveen/Melati Sedih dan Minta Maaf

"Lawan yang pernah mengalahkan Marcus/Kevin dan Hendra/Ahsan di Olimpiade Tokyo, memang tampil penuh percaya diri. Gideon sebenarnya juga sudah bersemangat tinggi,” papar Rionny seperti dalam rilis PBSI yang diterima oleh MPI.

“Sementara Kevin yang menunggu-nunggu bola-bola yang disukai, justru tidak muncul. Akibatnya strateginya tidak keluar semua dan lawan pun sudah tahu benar bagaimana mengatasinya," tambahnya.

Tak hanya mengakui kehebatan sektor ganda Malaysia, Rionny juga acungi jempol kekuatan wakil tunggal putra Malaysia yaitu Lee Zii Jia. Dalam laga yang berakhir 2-3 untuk kemenangan Malaysia, Anthony Sinisuka Ginting gagal merebut poin dari Lee Zii Jia dengan skor yang cukup telak 11-21, 16-21.

Foto/Reuters

Kekalahan ini menjadi yang pertama buat Anthony dari Lee. Sebelumnya mereka sudah berhadapan tiga kali, tetapi Anthony selalu meraih kemenangan.

Menanggapi kekalahan tersebut, menurut Rionny, Anthony Sinisuka Ginting sudah berusaha main sabar dan mengeluarkan performa terbaik. Namun, sayangnya pebulutankis kelahiran Cimahi itu harus takluk di tangan Lee Zii Jia.

"Di gim kedua, Ginting feelnya sudah dapat. Namun kembali strategi serangannya tidak tembus. Tentu akan kita evaluasi lagi lebih banyak lagi darinya," pungkas Rionny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini