Francesco Bagnaia Tertinggal Cukup Jauh dari Fabio Quartararo, Valentino Rossi Pesimistis Pecco Juara MotoGP 2021

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 27 September 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 38 2477155 francesco-bagnaia-tertinggal-cukup-jauh-dari-fabio-quartararo-valentino-rossi-pesimistis-pecco-juara-motogp-2021-ql5bLPoZjD.jpg Valentino Rossi pesimistis Francesco Bagnaia bisa juara MotoGP 2021 (Foto: MotoGP)

TAVULLIA - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, ragu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) bisa juara MotoGP 2021. Sebab, anak didiknya itu tertinggal cukup jauh dari pimpinan klasemen sementara, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Sebagaimana diketahui, Bagnaia memenangkan dua balapan terakhir. Hal itu membuat dia kini menduduki posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 186 poin.

Francesco Bagnaia (Foto: MotoGP)

Pecco tertinggal 48 poin dari Quartararo. Masih ada maksimal 100 poin lagi yang diperebutkan pada dua seri tersisa. Peluang Bagnaia menjadi juara dunia pun terbuka cukup lebar.

Namun, Valentino Rossi tidak sepakat. Menurutnya, selisih 48 poin itu justru menguntungkan Quartararo. The Doctor kurang yakin Bagnaia yang notabene anak didiknya di akademi balap VR46, bakal menjadi juara dunia.

BACA JUGA: Marc Marquez Akui Pembalap Ducati Lebih Bahaya daripada Yamaha Musim Ini

“Secara realistis, ini akan sulit buat Pecco. Quartararo memiliki keunggulan 48 poin dan di atas itu semua, hanya ada empat balapan lagi,” tutur Rossi, sebagaimana dimuat Motosan, Senin  (27/9/2021).

“Pecco harus mengulangi apa yang dia lakukan pada dua pekan balapan terakhir, lalu menunggu apa yang dilakukan Fabio,” ujar pembalap Italia itu.

"Tujuan Pecco saat ini adalah hanya terus membuat perebutan juara dunia terbuka hingga akhir. Selama masih ada peluang, dia bisa terus mencobanya,” ujar pembalap berumur 42 tahun itu.

Dengan tersisa 100 poin yang tersedia, nilai maksimal Pecco adalah 286. Bagi Quartararo, dia hanya perlu menambah 53 poin lagi untuk menyegel gelar juara dunia MotoGP 2021.

Fabio Quartararo vs Francesco Bagnaia (Foto: Reuters)

Jika mau main aman, Quartararo cukup menjadi runner-up saja pada empat balapan tersisa, dengan asumsi Bagnaia terus memenangi semua seri tersebut. Yang lebih penting lagi, pembalap asal Prancis itu sebisa mungkin selalu finis di depan Bagnaia pada tiga dari empat seri terakhir.

Terdekat, Bagnaia dan para pembalap lain akan mentas dalam balapan MotoGP Amerika Serikat 2021. Balapan itu akan berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Senin 4 Oktober 2021, dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini