3 Penampilan Grand Slam Terbaik Novak Djokovic di 2021, Nomor 1 saat Pecundangi Rafael Nadal

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 20 September 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 40 2473938 3-penampilan-grand-slam-terbaik-novak-djokovic-di-2021-nomor-1-saat-pecundangi-rafael-nadal-KzsjGamJnJ.jpg Novak Djokovic vs Rafael Nadal. (Foto: Reuters)

PETENIS asal Serbia, Novak Djokovic mengakhiri musim Grand Slam 2021 dengan catatan yang luar biasa, di mana ia memenangkan tiga dari empat kompetisi yang dimainkan. Tiga gelar Grand Slam yang berhasil direbut Djokovic di 2021 ini adalah Australia Open, Wimbledon, dan France Open.

Hanya US Open 2021 Djokovic gagal juara. Pada ajang Grand Slam tersebut, Djokovic tepatnya kalah dari petenis asal Rusia, Daniil Medvedev di babak final US Open 2021.

Jadi, total Djokovic memiliki catatan 27 kemenangan dari 28 laga Grand Slam yang dimainkannya di 2021 ini. Tahun ini pun bisa dibilang musim Grand Slam paling dominan dalam karier Novak Djokovic, di samping 2015 (di mana ia juga memenangkan tiga gelar juara dan menjadi runner-up).

Dari 28 penampilannya itu, sejumlah aksi menarik berhasil disajikan oleh petenis berusia 34 tahun tersebut. Setidaknya ada tiga penampilan Djokovic di Grand Slam 2021 ini, kira-kira yang mana saja?

Berikut 3 Penampilan Grand Slam Terbaik Novak Djokovic di 2021:

3. Menang atas Danill Medvedev di Final Australia Open 2021

Medvedev vs Djokovic di Australia Open 2021

Daniil Medvedev memasuki final Australia Open 2021 dengan 20 kemenangan beruntun, dan di mata banyak orang, sebagai ancaman nyata bagi Novak Djokovic. Mengingat seberapa jauh Dominic Thiem telah memberi tekanan kepada Djokovic di final tahun sebelumnya, beberapa orang percaya bahwa petenis Rusia itu bisa melangkah lebih jauh pada tahun 2021.

Namun, itu tidak terjadi karena Djokovic memulai dengan cara yang spektakuler untuk membangun keunggulan 3-0 di set pembuka. Sementara Medvedev mendapatkan kembali break, dia tidak bisa mempertahankan levelnya lebih lama lagi.

Medvedev benar-benar dominan pada servis dan terus-menerus menebar ancaman. Setelah kalah 5-7 di set pertama, Medvedev itu mematahkan servis di awal set kedua. Tapi itu terbukti sia-sia, karena Djokovic segera mendapatkan kembali ritme permainannya.

Djokovic bangkit dan memenangi empat game berturut-turut untuk secara efektif mengubah arah permainan Medvedev. Djokovic akhirnya menutup pertandingan dengan skor 7-5, 6-2, 6-2 untuk memberikan Medvedev salah satu kekalahan terburuknya.

2. Menang atas Stefanos Tsitsipas di Final Prancis Open 2021

Stefanos Tsitsipas

Novak Djokovic bisa dikatakan suka telat panas saat tampil di Prancis Open 2021. Dia sering memulai pertandingannya dengan lambat, tampak tanpa ide, sebelum kembali dengan kuat untuk menyegel kemenangan

Djokovic juga telat panas saat melawan Stefanos Tsitsipas di final Prancis Open 2021. Pada saat itu Djokovic sampai tertinggal dua set dari lawannya tersebut.

Perlahan Djokovic pun bangkit dan memenangkan tiga set berikutnya tanpa banyak mengeluarkan keringat. Petenis nomor satu dunia itu tampil luar biasa dalam servisnya di tiga set terakhir, dan tidak menghadapi satu pun break point.

Faktanya, Djokovic hanya kehilangan tiga poin pada servis di set keempat, yang menunjukkan dominasinya yang sempurna. Djokovic bak memberikan harapan semua kepada Tsitsipas karena ketika mengira berhasil unggul, tapi tiba-tiba dibalas dengan cepat.

Djokovic akhirnya tampil sebagai pemenang dengan skor 6-7(6), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4, yang juga membuatnya menjadi orang pertama di era kompetisi Open yang memenangkan keempat gelar besar itu sebanyak dua kali.

1. Menang atas Rafael Nada

Rafael Nadal vs Novak Djokovic


Pertemuan antara Djokovic dengan Nadal di semfinal Prancis Open 2021 dianggap sebagai salah satu pertandingan tenis terbaik sepanjang masa. Pada pertandingan itu juga disebutkan sebagai penampilan terbaik Novak Djokovic di lapangan tanah liat.

Dalam permainan yang dimenangkan oleh Djokovic dengan skor 3-6, 6-3, 7-6(4), 6-2 itu, petenis asal Serbia tersebut berhasil mencatatkan sebuah pencapaian yang apik. Tepatnya Djokovic menjadi petenis pertama yang dapat mengalahkan Rafael Nadal dua kali di ajang Roland Garros.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Djokovic telat panas saat bermain di Prancis Open 2021. Ia bahkan memulai permainan dengan agak buruk, dan mendapati dirinya tertinggal 0-5 di set pembuka.

Hasil itu lantas mengingat kembali luka lama, di mana Nadal pada saat itu sukses menang telak atas Djokovic di final Roland Garros 2020. Kendati begitu Djokovic segera bangkit. Meskipun dia tidak bisa mencegah Nadal merebut set pembuka, dia memberikan indikasi kuat bahwa dia tidak akan menyerah.

Dari set kedua dan seterusnya Novak Djokovic lebih banyak memimpin. Djokovic perlahan mulai membalikkan keadaan.

Djokovic dan Nadal bisa dibilang memainkan permainan tenis terbaik dalam karier mereka di set ketiga, yang mana dimenangkan oleh Djokovic melalui tiebreak. Penampilan luar biasa di set ketiga itu ternyata menguras banyak tenaga Nadal dan ia pun perlahan melemah di set keempat.

Djokovic lantas mengambil alih set keempat, dan dia meraih enam game berturut-turut untuk mencatatkan salah satu kemenangan terbesar dalam kariernya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini