Menangi MotoGP Austria 2021, Brad Binder Sudah Perkirakan Bakal Naik Podium

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 38 2456877 menangi-motogp-austria-2021-brad-binder-sudah-perkirakan-bakal-naik-podium-A332ABSpme.jpg Brad Binder keluar sebagai pemenang di MotoGP Austria 2021. (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap KTM Red Bull, Brad Binder, mengaku sudah memperkirakan bakal naik podium di MotoGP Austria 2021. Sebab, dia punya tekad kuat dan ambisi yang sudah ditetapkan sebelum balapan digelar untuk mendulang hasil manis did MotoGP Austria 2021.

Sebagaimana diketahui, Binder memberikan kejutan di MotoGP Austria 2021 dengan kemenangan yang diraihnya. Sebelum balapan, tepatnya pada malam hari, pembalap asal Afrika Selatan itu sendiri telah bertekad naik ke podium karena sudah lama tak mendapatkannya.

Brad Binder

"Saya pergi tidur tadi malam berpikir yang saya inginkan hari ini adalah podium. Sudah lama sekali! Ini jadi (jeda) terlama, saya tidak tahu berapa tahun sejak saya di podium,” kata Binder dilansir dari Crash, Selasa (17/8/2021).

BACA JUGA: Tak Ikut-ikutan Marc Marquez, Brad Binder Juara MotoGP Austria 2021

Bnder terakhir naik ke podium pada Agustus musim lalu di MotoGP Republik Ceko 2020. Saat itu, dia sukses merebut kemenangan, mengungguli Franco Morbidelli dan Johann Zarco di posisi dua dan tiga.

BACA JUGA: Jadi Pemenang MotoGP Austria 2021, Brad Binder Malah Disebut Gila

Binder memenangkan MotoGP Austria 2021 setelah bertaruh untuk tidak mengganti motornya dengan set-up trek basah. Dia terus melaju ketika lima pembalap di depannya masuk ke pit untuk menukar motor set-up normal ke trek basah.

Awalnya, Binder mengaku mengalami masalah pada ban motornya sebelum memutuskan untuk tetap melaju dengan set-up trek normal di enam lap tersisa. Dia merasa ban motornya tidak mencengkram trek dengan sempurna.

“Sejujurnya, saya mengalami balapan yang menghebohkan sebelum saya memutuskan untuk tetap di luar dan semua orang masuk. Ban belakang tidak seperti yang saya alami sepanjang akhir pekan. Setiap kali saya mencoba mengerem, ban itu meluncur ke mana-mana. Saya membuka gas dan tidak mau maju,” jelas pembalap bernomor 33 itu.

“Saya mengalami kesulitan besar di luar sana, tetapi ketika saya melihat hujan mulai turun, saya mendekat ke grup depan dan berpikir hanya ada empat lap tersisa. Saya bisa melihat orang-orang bersiap untuk masuk, karena saya melihat Marc (Marquez) melihat ke belakangnya dan saya tidak bisa memutuskan apakah saya harus pergi atau tidak,” imbuhnya.

Podium MotoGP Austria 2021

Binder baru memutuskan untuk terus maju di detik-detik terakhir lima pembalap di depannya masuk ke pit. Menurutnya, pertaruhan menggunakan set-up motor normal di trek yang basah awalnya berjalan bagus, namun saat lap terakhir dia mengalami kesulitan. Tak heran ketika menyentuh garis akhir, Binder hanya melaju dengan kecepatan rendah.

“Saya baru saja memutuskan di saat-saat terakhir ketika saya melihat grup itu masuk ke pit. Lap pertama bagus, tapi dua yang terakhir adalah sesuatu yang lain.”Lap terakhir remnya benar-benar dingin dan begitu juga dengan ban. Saya benar-benar berjuang untuk tetap di jalur,” jelas pembalap berusia 26 tahun itu.

“Tapi bagaimanapun, kadang-kadang Anda harus bertaruh dan hari ini berhasil. Saya sangat senang tentang itu,” lanjutnya.

Pembalap dari KTM itu membawa 25 poin di kandangnya sendiri, Red Bull Ring. Disusul oleh pembalap tim pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia, dan pembalap tim satelit Ducati, Jorge Martin, di posisi kedua dan ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini