Share

Bawa Kevin Cordon ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Muamar Qadafi Mundur dari Timnas Bulu Tangkis Guatemala

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 40 2452594 bawa-kevin-cordon-ke-semifinal-olimpiade-tokyo-2020-muamar-qadafi-mundur-dari-timnas-bulu-tangkis-guatemala-Mg4jCQbMA7.jpg Kevin Cordon (kanan) bersama Muamar Qadafi saat berjuang di Olimpiade Tokyo. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

PELATIH asal Solo, Muamar Qadafi, memilih mundur dari Tim Nasional (Timnas) bulu tangkis Guatemala. Keputusan itu diambil tak lama setelah mengantarkan pebulu tangkis asal Guatemala, Kevin Cordon, lolos ke semifinal tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelum Kevin Cordon, tak ada pebulu tangkis asal Benua Amerika yang sanggup melakukan pencapaian di atas. Pasalnya, olahraga ini kerap didominasi negara-negara Asia, seperti China, Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia.

Kevin Cordon

(Kevin Cordon bersama Muamar Qadafi. (Foto: REUTERS)

Keberhasilan Kevin Cordon tentu tak lepas dari tangan dingin sang pelatih. Muamar Qadafi itu telah melatih Guatemala sejak 2009. Bimbingan dari Qadafi yang membantu Kevin Cordon menjalani laga demi laga di turnamen bergengsi dunia itu dengan performa optimal.

Setelah kisah manis yang terjadi di Olimpiade Tokyo 2020, Qadafi mengungkapkan pernyataan mengejutkan. Jebolan PB Djarum itu memutuskan untuk mundur dari karier kepelatihannya di Guatemala. Hal itu disampaikan sang pelatih pada kanal Youtube PB Djarum.

“Saya sudah memutuskan untuk selesai dengan Guatemala. Saya sudah memutuskan untuk tidak lanjut lagi” ujar Qadafi dilansir dari kanal Youtube pbdjarum, Kamis (5/8/2021).

BACA JUGA: Deretan Pelatih Bulu Tangkis Indonesia yang Sukses di Luar Negeri

Sang pelatih lantas menjelaskan alasan di balik pengunduran dirinya. Dalam bincang-bincang singkat itu, diketahui bahwa kontraknya dengan Cordon hanya berakhir sampai Olimpiade Tokyo 2020.

“Dengan Kevin hanya sampai sini. Kevin pun berencana setelah Olimpiade ini untuk retired (pensiun).” sambungnya.

Kevin Cordon

Namun, sang pelatih juga tidak menampik kemungkinan melatih lagi, terutama jika ada tawaran.

“Untuk ke depannya, saya ingin istirahat dulu. Bersama keluarga. Namun, kalau ada (tim) yang berminat ya silakan” tutupnya.

Laga terakhir Kevin Cordon di Olimpiade Tokyo 2020 berakhir antiklimaks. Pada babak perebutan medali perunggu, sosok asal Guatemala itu harus tunduk dari pebulu tangkis Indonesia, Anthony Ginting, dengan dua set langsung, yakni 11-21, 13-21.

Meski begitu, pencapaian di atas tetap membuat Kevin Cordon membuat apresiasi. Bahkan ketika pulang ke Guatemala setelah turun di Olimpiade Tokyo 2020, Kevin Cordon disambut bak pahlawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini