Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Didukung Ferrari Beralih ke Balap Mobil

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 38 2451660 pensiun-dari-motogp-valentino-rossi-didukung-ferrari-beralih-ke-balap-mobil-OXeCsUyXkY.jpg Valentino Rossi memutuskan pensiun usai MotoGP 2021. (Foto/MotoGP)

SPIELBERG - Valentino Rossi telah mengumumkan akan pensiun usai MotoGP musim 2021. Menyikapi keputusan tersbeut, Ferrari memberi dukungan kepada pembalap asal Italia itu untuk beralih ke balapan mobil.

MotoGP 2021 menjadi tahun terakhir The Doctor menapaki karir di dunia balap motor. Pada Kamis (5/8/2021) malam WIB pembalap berusia 42 tahun ini menyatakan tahun depan akan pensiun.

Foto/MotoGP

Namun, jiwa kompetisi Rossi masih belum padam. Dia bahkan mengumumkan berencana untuk banting setir ke ajang roda 4, alias balapan mobil. Namun, kemana dia akan berlabuh selanjutnya?

Baca juga: Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Bahagia Pernah Hibur Banyak Orang

Kabarnya, Rossi akan banting setir ke ajang balap roda empat. Dia tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Kejuaraan Ketahanan Dunia (WEC) pada 2022 mendatang.

Baca juga: Pensiun dari MotoGP sebelum Raih Gelar Ke-10, Valentino Rossi Kecewa

Lebih tepatnya lagi, Rossi akan berlaga di kelas GTE AM, menggunakan mobil Ferrari 488 GTE. Kemungkinan besar dia akan bergabung bersama tim asal Swiss, Kessel Racing.

Kebetulan, Rossi memang sudah beberapa kali mengikuti balapan menggunakan Ferrari yang dipersiapkan Kessel Racing. Namun, kali ini kabarnya pihak Ferrari bakal memberikan dukungan langsung.

Maklum, biasanya Rossi memang balapan menggunakan dana sendiri dan ditemani sahabatnya, Alessio Salucci dan adik tirinya, Luca Marini. Dengan dukungan Ferrari, dia akan mendapat tandem pembalap lebih profesional.

Rossi pertama kali balapan pada ajang Vallelunga 6 Hours 2009 lalu. Sejak saat itu, Rossi lebih sering balapan di kelas GT3 di waktu luangnya. Terakhir pada Januari lalu, Rossi juga berhasil mencapai podium pada balap ketahanan Gulf 12 Hours.

Foto/MotoGP

Rossi sebenarnya lebih terkenal dengan aktifitas balap reli. Dia bahkan sudah langganan berlaga di Monza Rally Show. Namun, akhir-akhir ini dia lebih sering berlaga di balapan GT.

Naklum, transisi dari MotoGP dan GT tak terlalu besar, karena memiliki sejumlah elemen yang sama. Meski tak secara langsung memastikan, indikasi dia akan beralih semakin kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini