Share

Jadi Transgender Pertama di Olimpiade, Laurel Hubbard: Saya Ingin Dianggap sebagai Seorang Atlet

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 43 2450316 jadi-transgender-pertama-di-olimpiade-laurel-hubbard-saya-ingin-dianggap-sebagai-seorang-atlet-fqbwmOR2yj.jpg Laurel Hubbard atlet transgender pertama di Olimpiade turun di cabor angkat besi kelas +87 kg. (Foto/Reuters)

TOKYO - Lifter asal Selandia Baru, Laurel Hubbard mencetak sejarah dengan menjadi atlet transgender pertama yang tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Meski demikian, dia tak menganggap kehadirannya di ajang olahraga terbesar tersebut sebagai momen bersejarah.

Hubbard dengan turun di kelas +87 kg putri. Pada laga itu pun Hubbard menjadi lawan wakil dari Indonesia, Nurul Akmal.

 Foto/Reuters

Namun, Hubbard gagal menampilkan performa impresif karena tak mampu mengangkat beban pada angkatan snatch. Akibatnya, dia tak bisa melanjutkan langkahnya di angkatan clean & jerk.

Baca juga: PB Jaya Raya Sarankan Beberapa Nama sebagai Partner Apriyani jika Greysia Pensiun

Meski begitu, Hubbard tak ingin kondisinya saat ini dilebih-lebihkan. Bukan soal masalah kegagalannya di Olimpiade Tokyo 2020, tetapi dari posisinya sebagai atlet transgender pertama yang tampil di Olimpiade.

Baca juga: Gagal Rebut Medali di Olimpiade Tokyo 2020, Djokovic: Bukan Pencapaian Ideal!

"Saya tidak berpikir itu harus menjadi hari yang bersejarah," kata Hubbard, mengutip dari Sky Sport, Selasa (3/8/2021).

"Saat kita memasuki dunia yang baru dan lebih memahami, orang-orang mulai menyadari bahwa orang-orang seperti saya hanyalah manusia biasa. Kami adalah manusia dan karena itu saya harap hanya dengan berada di sini saja sudah cukup," lanjutnya.

"Yang saya inginkan sebagai seorang atlet, dianggap sebagai seorang atlet," imbuhnya.

Meski begitu, Hubbard ingin memberikan semangat kepada para transgender di luar sana bahwa dalam kondisi berbeda mereka bisa berbicara. Terlebih ini adalah momen besar ketika Hubbard bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Foto/Reuters

"Saya berharap hanya dengan berada di sini, saya dapat memberikan beberapa dorongan semangat. Dan saya hanya berharap bahwa orang-orang yang berbeda yang sedang mengalami kesulitan atau perjuangan dengan hidup mereka,” tukas Hubbard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini