Anthony Ginting Berpeluang Ikuti Siklus Chen Long dan Axelsen untuk Juara Olimpiade

Coro Mountana, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 40 2449972 anthony-ginting-berpeluang-ikuti-siklus-chen-long-dan-axelsen-untuk-juara-olimpiade-JMdPw4AfCN.jpg Chen Long, Viktor Axelsen, dan Anthony Sinisuka Ginting di podium Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Sosok pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tengah jadi sorotan karena berhasil merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Usai merebut hasil manis itu, Anthony Ginting dinilai punya kans merebut hasil yang jauh lebih manis di gelaran Olimpiade berikutnya, dengan mengikuti siklus Chen Long dan juga Viktor Axelsen.

Diketahui, Anthony Sinisuka Ginting memang hanya meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Tetapi ternyata, hasil ini bisa menjadi awal bagi pebulu tangkis berusia 24 tahun itu untuk menorehkan kesuksesan lainnya di Olimpiade yang akan datang.

Anthony Sinisuka Ginting

Ginting sendiri diketahui meraih medali perunggu usai menumbangkan pebulu tangkis Guatemala, Kevin Cordon. Bermain di Musashino Forest Sport Plaza, Senin 2 Agusus 2021, Anthony Ginting menang dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-11.

BACA JUGA: Takluk dari Anthony Ginting dalam Perebutan Medali Perunggu, Kevin Cordon Tetap Bersyukur Meraih Mimpi di Olimpiade Tokyo 2020

Jika mencermati persaingan tunggal putra Olimpiade sejak 2012, sebenarnya pencapaian Anthony Ginting bisa menjadi pertanda bagus untuk edisi selanjutnya. Sebab, sejak Olimpiade 2012, seperti ada siklus, yakni perebut medali perunggu tunggal putra akan menjadi juara di Olimpiade selanjutnya.

BACA JUGA: Viral! Unggah Status Juara 3 Belasan Tahun Lalu, Anthony Ginting Beneran Peringkat 3 di Olimpiade Tokyo 2020

Pada Olimpiade 2012, Chen Long yang berasal dari China, adalah pemegang medali perunggu. Empat tahun kemudian, Chen Long rupanya berhasil menjadi juara Olimpiade 2016 usai kalahkan jagoan Malaysia, Lee Chong Wei.

Menariknya pada saat itu, juara ketiga Olimpiade 2016 adalah pebulu tangkis asal Denmark, Viktor Axelsen. Kini di Olimpiade Tokyo 2020, Axelsen berhasil merebut medali emas.

Jadi, siklus yang tercipta di tunggal putra Olimpiade sejak 2012 adalah pebulu tangkis yang meraih perunggu, di turnamen selanjutnya bisa menjadi juara pertama. Tentu saja, hal ini bisa jadi hanya sebuah kebetulan.

Tapi, jika mau dianalisis, sebenarnya cukup masuk akal juga, ada sisi psikologis dan pengalaman yang membuat peraih perunggu jadi berhasrat meraih emas pada turnamen selanjutnya. Anthony Ginting sendiri jelas merasa senang bisa meraih perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Anthony Sinisuka Ginting

Tapi, pasti jauh di dalam lubuk hatinya, ada semangat membara ingin mendulang emas Olimpiade Paris 2024. Berbekal pengalaman bertanding usai jadi juara ketiga Olimpiade 2020, Anthony Ginting punya modal besar untuk menjadi juara pada edisi selanjutnya.

Asalkan bisa konsisten dan rajin berlatih demi memperbaiki diri, Anthony Ginting bisa menjadi calon kuat perebut medali emas Olimpiade 2024. Setidaknya, dia bisa belajar dan mencoba mengikuti siklus yang sudah dibuat Chen Long dan Viktor Axelsen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini