Profil Jin Jong-oh, Penembak Korea Selatan yang Sebut Atlet Iran Teroris

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 43 2449455 profil-jin-jong-oh-penembak-korea-selatan-yang-sebut-atlet-iran-teroris-U95keMjyCy.jpg Atlet menembak Korea Selatan, Jin Jong-oh (Foto: VietnamNews)

TOKYO - Atlet menembak asal Korea Selatan, Jin Jong-oh menjadi sorotan di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Jin Jong Oh menyampaikan komentar kontoversial dengan menyebut atlet asal Iran, Javad Foroughi sebagai teroris.

Akibat komentarnya tersebut, Jin Jong-oh pun mendapat kecaman. Salah satunya seperti yang terlihat di media sosial dengan ramainya tagar #SouthKoreaRacist.

 

"Bagaimana teroris bisa meraih juara pertama pada Olimpiade itu? Itu hal yang konyol," kata Jin Jong Oh dikutip The Korean Times.

Menurut laporan SBS News, Jin Jong-oh akhirnya meminta maaf atas pernyataan tersebut. Namun, pengguna media sosial merasa kalimat itu rasis hingga mereka beraksi keras dan muncul tagar #SouthKoreaRacist.

Baca juga: Atlet Menembak Vidya Rafika Jadikan Olimpiade Tokyo 2020 sebagai Persiapan di Paris

Jin Jong-oh sendiri sebenarnya bukan nama baru di dunia olahraga menembak. Ia merupakan salah satu atlet menembak berprestasi bagi Korea Selatan.

Sejumlah ajang bergengsi telah diikuti pria kelahiran Chuncheon, Gangwon 24 September 1979 itu. Termasuk Olimpiade Tokyo 2020 kali ini di mana ia mewakili Korea di cabor menembak nomor pistol 50m putra.

Jin Jong-oh meraih medali pertamanya di ajang Olimpiade 2004 yang berlangsung di Yunani. Turun di nomor pistol 10 meter putra dan pistol bebas 50 meter putra, ia menyabet medali perak di dua nomor tersebut.

Prestasinya di olahraga menembak kembali menjadi sorotan ketika berhasil meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008. Jin Jong-oh meraih medali emas di nomor pistol 50 meter putra dan medali perak di nomor pistol 10 meter putra.

 

Belum berhenti sampai di situ, Jin Jong-oh melanjutkan tren positifnya saat tampil di Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio 2016. Dua medali emas diraihnya pada 2012 sementara di 2016 Jin Jong-oh meraih satu medali emas.

Berkat konsistensinya itu, tak heran kalau Jin Jong-oh jadi langganan tampil di ajang Olimpiade. Ia bahkan menjadi atlet menembak pertama yang tampil di lima ajang Olimpiade berbeda sejak 2004 hingga 2020 kali ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini