Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen Kembalikan Kejayaan Tunggal Putra Denmark di Olimpiade

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 40 2449858 raih-emas-olimpiade-tokyo-2020-viktor-axelsen-kembalikan-kejayaan-tunggal-putra-denmark-di-olimpiade-tqnYty8DVy.jpg Viktor Axelsen raih emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

TOKYO – Viktor Axelsen menjadi tunggal putra pertama Denmark dalam 25 tahun terakhir yang meraih medali emas di nomor tunggal putra bulu tangkis Olimpiade. Hal ini sekaligus mengembalkan kejayaan tunggal putra asal Eropa di ajang empat tahunan tersebut.

Ia merebut medali emas setelah mengalahkan tunggal putra China sekaligus juara bertahan, Chen Long di final Olimpiade Tokyo 2020. Bermain di Musashino Forest Plaza, pebulu tangkis nomor dua dunia ini menaklukkan Chen Long dengan skor 21-12 dan 21-15.

Viktor Axelsen

(Viktor Axelsen (kiri) saat berbincang dengan Chen Long kelar pertandingan. (Foto: REUTERS)

Prestasi ini membuat manis nama Viktor Axelsen. Pemilik smash mematikan ini menjadi pebulutangkis asal Eropa pertama yang berhasil merebut medali emas sejak Olimpiade Atlanta 1996.

Uniknya, pada Olimpiade Atlanta 1996, medali emas cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra juga diraih wakil Denmark, Poul-Herik Hoyer Larsen. Saat itu Larsen berhasil merebut medali emas usai mengalahkan wakil China, Dong Jiang.

BACA JUGA: Dikalahkan Viktor Axelsen, Chen Long Punya 3 Medali Lengkap Olimpiade

Kini, setelah 25 tahun lamanya, Viktor Axelsen mengikuti jejak Larsen. Pebulu tangkis bertinggi badan 194 sentimeter ini mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan wakil China, Chen Long. Hal itu sama persis seperti prestasi yang diraih Larsen pada Olimpiade Atlanta 1996, yang mana juga mengalahkan wakil China.

Dalam pertandingan tersebut, Viktor Axelsen tidak hanya berhasil mengukir sejarah. Pasalnya, dia juga berhasil membalaskan dendamnya kepada Chen Long di Olimpiade Rio 2016.

Chen Long

(Chen Long rebut perak Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: REUTERS)

Pada Olimpiade tersebut, Viktor Axelsen dikalahkan Chen Long di semifinal dengan skor 14-21 dan 15-21. Alhasil, ia harus merelakan medali emas pada debut perdananya di Olimpiade.

Kini, semuanya terbayar sudah. Viktor Axelsen berhasil merebut medali emas dari Chen Long di Olimpiade Tokyo 2020. Ia juga memutus dominasi pemain Asia yang menjadi langganan juara di nomor tunggal putra bulutangkis setelah 25 tahun silam.

Berhubung Olimpiade 2024 dilangsungkan di Eropa (Paris, Prancis), sanggupkah Viktor Axelsen mempertahankan kisah sukses di atas? Menarik untuk dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini